$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Tim PH Sekdes Bolo, Bantah Statmen Sudutkan Kliennya

Bima,KS.- Tim Penasehat Hukum (PH) Sekretaris Desa (Sekdes) Bolo Kecamatan Madapanga, Anas Indriadi SPd, membantah dan menyikapi pemberitaan...

Bima,KS.-Tim Penasehat Hukum (PH) Sekretaris Desa (Sekdes) Bolo Kecamatan Madapanga, Anas Indriadi SPd, membantah dan menyikapi pemberitaan yang disampaikan media ini sebagaimana pernyataan duta Partai Gerindra saat pertemuan membahas sengkarut masalah yang terjadi.


Melalui surat resmi yang disampaikan pada redaksi Stabilitas, Tim PH Sekdes Belo,  Taufik Firmanto SH., LL.M., Deddy Susanto, SH dan Saman Hudi Testinggu Larangga, SH, menyikapi pemberitaan penyataan duta Partai gerindra asal kecamatan Sape.

Poin yang dinyatakan diantaranya, statement anggota dewan tersebut adalah pernyataan yang parsial, tidak berimbang, serta tidak melihat duduk masalah dan regulasi secara komprehensif, sehingga berpotensi menyesatkan pemahaman publik atas pemberitaan yang adil dan berimbang.

Betul bahwa mengangkat dan memberhentikan perangkat desa adalah Kewenangan kepala desa, namun oleh Kades Bolo, hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sewenang-wenang dan melanggar aturan, tidak boleh menegakan hukum juateru melanggar hukum.

Poin penting lain disampaikan Tim PH itu, pemberhentian kliennya Tidak dilakukan sesuai prosedur dan peraturan perundang undangan yang berlaku. Pemberhentian klien Kami selaku sekretaris desa secara sepihak oleh kepala desa tanpa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada camat atas nama bupati adalah tindakan yang melanggar peraruran perundang undangan. Dalam Undang-Undang Desa dan Permendagri menjelaskan bahwa pengangkatan dan permberhetian perangkat desa harus melalui mekanisme yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang undangan. Mengingat SK pemberhentian tersebut tidak prosedural, cacat hukum, sehingga Tidak Memiliki Kekuatan Hukum Mengikat.

Hal tersebut sebut Tim PH,  bisa dicermati dari pasal 53 ayat 1 Undang-undang Desa yang menyebutkan hanya ada tiga alasan perangkat desa berhenti karena meninggal dunia, keinginan sendiri dan diberhentikan, kemudian pasal 53 ayat 5 menyebutkan bahwa: “Pemberhentian perangkat desa dilakukan setalah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat atas nama Bupati”, bahkan pengaturan lebih tegas juga tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri pasal 5 ayat 5.

Selanjutnya digarisbawahi Tim PH,  bahwa pemberhentian perangkat desa wajib dikonsulatasikan terlebih dahulu.
Dalam hal ini, kepala Desa Bolo telah mengeluarkan secara sewenang-wenang keputusan pemberhentian tanpa ada alasan hukum yang jelas maka dapat dipastikan bahwa tindakkan tersebut merupakan abuse of power dan berimplikasi pada surat keputusan menjadi batal demi hukum atau dapat dibatalkan.

Hal tersebut tegas Tim PH, dikuatkan Bahwa fakta hukum, di mana hingga saat ini Klien Kami Sah dan Berwenang menurut hukum untuk menjalankan segenap Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Desa sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk menandatangani seluruh Dokumen Peraturan Desa Rencana Kerja Pemerintah desa (RKPDes) sebagaimana terakhir kali Pada Tahun Anggaran 2020 tanggal 2 Maret 2020, di mana segala tindakan dan/atau perbuatan yang berkaitan dengan upaya pengajuan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tanpa tanda tangan sah  dari Klien Kami mengandung unsur dugaan tindak pidana korupsi dengan modus operandi penyalahgunaan wewenang (abuse of power).

"Menurut kami, statement anggota dewan yang menyatakan bahwa keputusan kepala desa adalah sah itu juga keliru, karena anggota dewan dtidak diberi kewenangan untuk menilai dan memutuskan sah atau tidak-nya suatu keputusan tersebut, karena hal tersebut merupakan domain nya pengadilan.,"tutup Dedy Susanto mewakili Tim PH Sekdes Bolo Madapangga.(RED)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1388,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1080,Sosial Ekonomi,2378,
ltr
item
Koran Stabilitas: Tim PH Sekdes Bolo, Bantah Statmen Sudutkan Kliennya
Tim PH Sekdes Bolo, Bantah Statmen Sudutkan Kliennya
https://1.bp.blogspot.com/-LIqnIKFCuzU/XrPzxHYsJ1I/AAAAAAAAIsA/dka9g_-yul0trT4xi-HhazHMj-J3NGrCwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200507-WA0006.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LIqnIKFCuzU/XrPzxHYsJ1I/AAAAAAAAIsA/dka9g_-yul0trT4xi-HhazHMj-J3NGrCwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200507-WA0006.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2020/05/tim-ph-sekdes-bolo-bantah-statmen.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2020/05/tim-ph-sekdes-bolo-bantah-statmen.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy