$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


BNI Suport Petani Bawang | Awal Juli Luncurkan KUR Bawang

Kota Bima,KS.- Ditengah mewabahnya pandemi Cocid-19 Corona,, negara suka tidak suka mesti ambil bagian menyemangiti rakyat dengan segenap ke...

Kota Bima,KS.-Ditengah mewabahnya pandemi Cocid-19 Corona,, negara suka tidak suka mesti ambil bagian menyemangiti rakyat dengan segenap kemampuannya, demi melawan wabah mematikan ini. 
BNI 46 sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tidak tinggal diam menyemangati masyarakat dengan berbagai kemudahan pinjamam lunak.


Ditengah Covid-19, setelah menyalurkan KUR sapi dan padi yang dirasakan manfaatnya oleh petani, BNI 46 Cabang Bima kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor usaha pertanian bawang merah.

Kepala Cabang BNI 46 Bima melalui. Penyelia Kredit Mikro BNI Irfan Mansyur pada wartawan, Senin (17/6) menjelaskan, rencana penyaluran KUR bawang merah, konsepnya sama dengan KUR jagung dan KUR sapi, sifatnya KUR mikro musiman atau pembayarannya pada saat panen. Dibayar sekaligus tergantung kesepakatan dengan para petani.  

“Jumlah petani kalau saat ini baru dari satu distributor pupuk sebanyak 1.200 petani. Hanya saja jumlahnya belum diverifikasi dari data pinjaman bank lain. Distributor lainnya juga pasti ada. Bahkan kemarin dari  CV Rahmawati sudah berkoordinasi dengan 70 agen pupuk yang juga memiliki masing-masing petani binaan, itu data-data telah kita himpun,”urainya. 

Persiapan anggaran, katanya, kredit diberikan maksimum berdasarkan jumlah luas lahan yang dimiliki petani. Misalnya petani memiliki lahan sekitar 1 hektar, maka maksimum yang diberikan sebanyak Rp 30 sampai Rp 40 juta. “Semakin kecil luas lahannya, maka makin kecil juga kredit yang akan diberikan,” papar Irfan. 

Target dari penyaluran KUR bawang, sambung Irfan, BNI tidak hanya membiayai ritel, artinya yang hanya memiliki nominal sedang. Tetapi BNI juga bisa masuk ke ranah mikro. Malah untuk beberapa tahun terakhir ini, BNI menyalurkan KUR tertinggi se-Indonesia, mengalahkan bank lain. “Jadi konsep itu yang mau kita masuk, tidak hanya yang ritel, yang mikro pun bisa disalurkan,” katanya. 

Pangsa pasar untuk Bawang Bima sebutnya, terbesar kedua setelah bawang Brebes. Keberadaannya pun tidak begitu berpengaruh dengan masalah Pandemi Covid-19 saat ini yang juga melanda daerah. Karena KUR ini sifatnya pembayaran pada saat panen, sementara Corona hanya memiliki efek bulanan. “Harga bawang tidak terlalu bermasalah, untuk pengepul bawang pun dari harga terendah mereka bisa untung,” tuturnya.  

Nah, untuk KUR Mikro tidak memiliki jaminan. Hanya saja nanti BNI bekerjasama dengan collection agen. Mereka yang bertugas untuk menghimpun petani, mengabarkan kapan dilakukan pembayaran, kemudian menagih angsuran. “Colection agen kami fungsikan nasabah yang telah menjadi debitur BNI,” pungkasnya. 

Sementara itu, Pimpinan  BNI 46 Cabang Bima,  H Muhammad Amir menambahkan, melatarbelakangi BNI Bima masuk pada wilayah KUR Bawang, karena petani di Bima juga didominasi para petani bawang. Bahkan secara nasional bawang Bima berada di posisi nomor 2 setelah Brebes. Kemudian yang kedua lahan di Bima terhampar luas dan lebih banyak ditanami bawang. “Jadi potensi itu yang kami garap,” terang Amir. 

Merujuk instruksi Menteri Pertanian saat kunjungan kerja  di Bima baru-baru ini, pemerintah sudah tidak lagi mengimpor bawang. Ini pun menjadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan. Karena dengan sendirinya harga bawang akan naik, sebab tidak ada tekanan pasar dari luar. 

Seandainya pun petani gagal panen, sementara petani akan segera membayar angsuran, Amir mengutarakan bahwa BNI akan membijaksanai dengan restrukturisasi kredit. Apakah petani akan menunda pembayaran dengan panen berikutnya, bisa dilakukan. 

Menurutnya, agar program ini tepat sasaran, saat ini BNI sudah bekerjasama dengan distributor dan pengecer pupuk. Mereka nanti akan dijadikan collection agen dan perantara bank yang akan memonitor kapan tanam dan jual, termasuk menagih. “Nanti akan ada kerjasama, mereka mendapatkan fee penagihan, petani juga mengambil pupuk dari distributor dan pengecer ini. Jadi intinya ada yang saling menguntungkan,”sebutnya. 

Pimpinana BNI 46 Cabang Bima asli Bima ini, menyambung, secara sosial dengan adanya KUR bawang, petani yang sebelumnya kesulitan modal kemudian mengakses bank bank gelap salah satunya rentenir dengan bunga tinggi, maka dengan KUR bawang ini hanya dengan bunga 6 persen. “Apabila petani meminjam sebesar Rp 10 juta, cukup membayar bunga satu bulan sekitar Rp 50 ribu, ini luar biasa pemerintah, karena sangat membantu pera petani,”katanya.(RED)




COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: BNI Suport Petani Bawang | Awal Juli Luncurkan KUR Bawang
BNI Suport Petani Bawang | Awal Juli Luncurkan KUR Bawang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiL2iv6cKHhmgTbUZ-09_75xIm7muW1kazeADjtUMAYPx5YJeXZolsy9Us-w3LJtTd2WytknM4yxaV-bZWO7JqbNkyx5orqYycGMCtIa21yvwGLSPSYTnLMQpWqDc7h0EEsQvbdW6uxGc1/w400-h266/IMG-20200617-WA0025.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiL2iv6cKHhmgTbUZ-09_75xIm7muW1kazeADjtUMAYPx5YJeXZolsy9Us-w3LJtTd2WytknM4yxaV-bZWO7JqbNkyx5orqYycGMCtIa21yvwGLSPSYTnLMQpWqDc7h0EEsQvbdW6uxGc1/s72-w400-c-h266/IMG-20200617-WA0025.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2020/06/bni-suport-petani-bawang-awal-juli.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2020/06/bni-suport-petani-bawang-awal-juli.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy