$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Kelangkaan Pupuk Di Kabupaten Bima, Ini Penjelasan Mardalena, SS.MM

BIMA, KS, - Setiap musim masyarakat Kabupaten Bima selalu membahas, dibebani oleh kelangkaan pupuk dan ada juga beranggapan pupuk dijual sec...

BIMA, KS, -Setiap musim masyarakat Kabupaten Bima selalu membahas, dibebani oleh kelangkaan pupuk dan ada juga beranggapan pupuk dijual secara gelap.


Namun kenyataannya, DPRD Kabupaten Bima Komisi ll, Mardalena, SS.MM  menjelaskan bahwa sesuai dengan data pertanian untuk pengusulan pupuk di Pusat itu selalu berkurang realisasinya. Artinya realisasi pupuk Subsidi yang datang di Bima tidak tepat 100 persen sesuai yang diusulkan oleh Dinas Pertanian.

"Iya kita lihat data Dinas Pertanian memang selalu berkurang realisasi pupuk untuk Kabupaten Bima. Makanya, untuk penambahan pupuk, pihak yang punya PT/Gudang menambahkan pupuk nonsubsidi untuk dijual paket, supaya memenuhi dan tertutupi kebutuhan petani," jelasnya, Kamis (4/11/2021).

Disisi lain, Mardalena mengatakan untuk daerah perairan yang bertani dalam 3 kali setahun selalu mendapat pupuk. Seharusnya satu musim itu saja yang didapatkan, tidak untuk mendapatkan langsung pada 3 kali musim. Makanya disitu mereka menganggap kekurangan pupuk, padahal sudah pas juga pembagian jatanya perkecamatan untuk satu kali musim. 

"Ini yang kacau seharunya dua musim itu tidak dapat. Nah, ini Meraka malah meraka dapat semua dalam tiga kali musim," katanya

Lanjut, ia pernah tekankan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bima agar merubah data. Dari daerah perairan sama daerah yang musim tanam satu kali dibedakan distribusi pembagian pupuknya.

"Saya maunya seperti, agar jata pupuk tetap stabil dan bisa mengimbangi apa yang menjadi kebutuhan petani," ujarnya.

Sementara itu, ia juga pernah berkunjung ke Kecamatan Bolo di Gudang PT. Rahman Wati, disitu ia menyebutkan tidak ada kelangkaan pupuk. Hanya saja, misalnya petani dalam ajukan RDKK-nya itu hanya 2 hektar perkeluarga . Dalam dua hektar itu terukur 12 sak jata pupuk yang didapat.

"Kenyataannya dilapangan, petani ingin diatas itu kebutuhannya, padahal sudah di sesuaikan dari ajukan RDKK lebih awal," sebut DPRD Fraksi PKB asal Desa Tente.

Diakhir ia menyentuh kebutuhan yang petani yang bertani di lokasi luar daerah seperti di Sumbawa dan Dompu. Nah, ini sudah jelas tidak dikontrol oleh Pemerintah Kabupaten Bima, dan pengajuan RDKK tidak ada.

"Iya, itukan hanya kelemahan fungsing kontrol saja. Masyarakat yang bicara soal kelangkaan pupuk, tapi bertaninya melebar didaerah lain. Sudah jelas tidak masuk dalam RDKK Desa masing-masing," tuturnya. (KS.Y06)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kelangkaan Pupuk Di Kabupaten Bima, Ini Penjelasan Mardalena, SS.MM
Kelangkaan Pupuk Di Kabupaten Bima, Ini Penjelasan Mardalena, SS.MM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw1IjAz-pZF5eaKpni3UOcM8ExFCHfx6yDq-A6ENuXo0Y7YKCwMRtCLY8DqZUF3IcfZwps1QzDu4OlHU3YkKjhYMk91Mf_XJLwwOCiNwJVeN85T7wJ-Gkgr1wrYSJ6smf-rztHIMnvovtd/w400-h189/IMG-20211104-WA0005.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw1IjAz-pZF5eaKpni3UOcM8ExFCHfx6yDq-A6ENuXo0Y7YKCwMRtCLY8DqZUF3IcfZwps1QzDu4OlHU3YkKjhYMk91Mf_XJLwwOCiNwJVeN85T7wJ-Gkgr1wrYSJ6smf-rztHIMnvovtd/s72-w400-c-h189/IMG-20211104-WA0005.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2021/11/kelangkaan-pupuk-di-kabupaten-bima-ini.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2021/11/kelangkaan-pupuk-di-kabupaten-bima-ini.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy