$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Bupati Bima Terima Penyampaian Aspirasi Petani Bawang

Setelah satu jam lebih melakukan Penyampaian Aspirasi di gerbang kantor Bupati Bima, 10 orang perwakilan petani bawang merah, Burhan, Suroso...

Setelah satu jam lebih melakukan Penyampaian Aspirasi di gerbang kantor Bupati Bima, 10 orang perwakilan petani bawang merah, Burhan, Suroso dan Delapan petani yang berasal dari Kecamatan sentra produk bawang merah diterima oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE Kamis (2/12/2021) di Ruang Rapat Bupati Bima. 

Bima, KS.-Pada tatapmuka yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, para perwakilan elemen petani kesempatan untuk menambahkan beberapa hal baik menyangkut perlunya tindakan penanganan dan harga, biaya obat-obatan, ketersediaan pupuk, peningkatan peran BUMD/BUMDes yang mampu menyerap hasil produksi pertanian dan pentingnya asosiasi petani bawang merah yang akan menjembatani komunikasi baik dengan pemerintah maupun dengan para pebisnis.

menyampaikan perwakilan para petani tersebut, Bupati yang Didukung Wakil Bupati Drs.H Dahlan M Noer, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.IK, Sekda Drs HMTaufik HAK, M.Si, Para Asisten, Kadis Pertanian, Kadis Perindag dan para pejabat terkait mengatakan bahwa perlu dipahami oleh masyarakat, pemerintah tengah mengupayakan kebijakan jangka pendek dan jangka panjang.

Kebijakan tersebut tentu saja memperhatikan jumlah masalah yang berkaitan dengan produk bawang antara lain, ciri khas bawang merah yang dihasilkan di Bima memiliki kadar udara yang lebih tinggi dibandingkan komoditas yang sama di daerah lain seperti Palu sebagai salah satu pertimbangan konsumen.

Dalam jangka pendek, untuk menyerap produk yang saat ini di tingkat petani, akan dilakukan intervensi kepada petani hingga 50 ton melalui skema pembelian bawang merah oleh ASN pada semua tingkatan mulai dari Pinpinan daerah, pejabat eselon hingga staf secara teknis akan diatur lebih lanjut oleh OPD terkait dan perwakilan petani.

Demikian pula halnya dengan harga jual satuan bawang yang bukan merupakan kewenangan pemerintah daerah, tetapi pemerintah berkewajiban menerima dan memperhatikan keluhan para petani. Terkait dengan subsidi harga obat-obatan dan pupuk, pada prinsipnya tidak bisa diintervensi oleh pemerintah daerah.

Namun demikian, Bupati sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk memastikan agar para distributor pupuk tidak melakukan pengiriman antar pulau dan memastikan sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) serta pembelian harus disertai nota.

Bupati Bima juga sudah merekomendasikan kepada Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) untuk menyikapi dan menindak indikasi distributor yang melakukan penjualan pupuk bersubsidi antar wilayah serta distributor yang tidak mengalirkan secara tuntas stok pupuk subsidi kepada masyarakat.

Hal yang sama juga secara kelembagaan akan dilakukan memfasilitasi pembentukan asosiasi petani merah yang akan menjembatani komunikasi dan kepentingan antara petani dengan pemerintah dan pebisnis.

Menyikapi aspirasi agar DPRD membentuk Pansus yang mengakomodasi kepentingan para petani bawang merah, Bupati IDP mengungkapkan, pada masa sidang I tahun 2022, Pemerintah daerah sudah menyampaikan kepada DPRD untuk dibahas Rancangan Perda terkait pemberdayaan dan perlindungan petani yang juga akan mencakup petani bawang merah.

"Pada proses ini, masyarakat akan dilibatkan agar kepentingan petani bawang merah dapat diakomodir dalam regulasi yang ada," Terang Bupati.(KS.R01)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1529,Hukum Kriminal,2065,Kesehatan,363,Korupsi,720,Olahraga,218,Opini,119,Pemerintahan,1512,Pendidikan,814,Politik,1242,Sosial Ekonomi,2543,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bupati Bima Terima Penyampaian Aspirasi Petani Bawang
Bupati Bima Terima Penyampaian Aspirasi Petani Bawang
https://1.bp.blogspot.com/-KwkGRlgni8Y/YamUZHHurcI/AAAAAAAALgs/lg1l1kbkSPgMmgSztGfuHfwnW0xffpbbgCNcBGAsYHQ/w400-h240/Screenshot_2021-12-03-11-45-52-11_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KwkGRlgni8Y/YamUZHHurcI/AAAAAAAALgs/lg1l1kbkSPgMmgSztGfuHfwnW0xffpbbgCNcBGAsYHQ/s72-w400-c-h240/Screenshot_2021-12-03-11-45-52-11_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2021/12/bupati-bima-terima-penyampaian-aspirasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2021/12/bupati-bima-terima-penyampaian-aspirasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy