$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jembatan Putus di Jatibaru Makan Korban, Pemkot Terkesan Tutup Mata

Sungguh tragis nasib menimpa Habib Muzahir warga Rabangodu Selatan Kota Bima. Jasad pemuda tersebut ditemukan di bawah jembatan putus di Kel...

Sungguh tragis nasib menimpa Habib Muzahir warga Rabangodu Selatan Kota Bima. Jasad pemuda tersebut ditemukan di bawah jembatan putus di Kelurahan Jatibaru Timur Kecamatan Asakota, Minggu pagi (13/2/2022) gegerkan warga Kota Bima. Pemuda yang diketahui bernama Habib Muzahir warga Kelurahan Rabangodu Selatan telah dikubur siang ini di TPU kelurahan setempat. 

Ayah korban, Fikrin (46)

KOTA BIMA,KS.- 
Korban tidak mengetahui adanya jembatan putus yang diterjang banjir beberapa bulan lalu sehingga saat melaju di jalur tersebut, langsung terjun di bawah jembatan. Parahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima terkesan tutup mata karena tidak memasang tanda-tanda atau rambu yang memberikan informasi bahwa jembatan tersebut telah putus.

Kondisi tidak adanya rambu-rambu atau portal pembatas dan minimnya penerangan jalan, juga menjadi pemicu kejadian tragis itu. 

Ayah korban, Fikrin (46) merasa kecewa kepada pemerintah atas insiden yang menewaskan anak pertamanya ini setelah melihat kondisi jembatan yang rusak di Jatibaru Timur itu, ia mengungkap, kondisi di jembatan itu ibaratnya sebuah jebakan yang tidak secara serius ditangani oleh pemerintah dalam pengendalian anti kecelakaan.

Diakuinya, tak ada papan peringatan sekitar jembatan ditambah, tak ada portal dan tak ada penerangan jalan yang bisa memberi kenyamanan pandangan bagi pengendara. "Bagi siapapun pengendara, apalagi baru ingin melintasi, kondisi jembatan itu sama halnya dengan menjemput mautnya sendiri,” katanya. 

Menurut Fikrin, meski ada jalan alternatif, tapi aspek pencegahan tetap harus ada, agar tidak terjadi bencana yang mematikan Karena bila tak ada penghalang, pengendara yang tak sadar akan langsung terjun ke bawah jembatan.

"Sebenarnya, kita bukan ingin menyalahi takdir atas meninggalnya buah hati kami Tapi, memang pantas disesali cara penanganan perbaikan sementara di jembatan itu yang tak dilengkapi dengan fasilitas penghalang jalan yang baik dan dilengkapi dengan penerangan jalan yang memadai," sesalnya di rumah duka di Kelurahan Rabangodu Selatan. 

Mewakili pihak korban, ia meminta penjelasan terkait kronologis kejadian kepada pihak Polres Bima Kota Selain itu, penyesalan dari pihak keluarga, hingga pagi tadi sampai penguburan almarhum yang dilakukan Ba'da Sholat Ashar tadi, tak ada dari pihak pemerintah yang datang berbela sungkawa. 

"Kami sangat kecewa dengan cara Pemerintah di Kota Bima. Sudah tahu bahwa kecelakaan ini akibat kelalaian dan tidak sesuai prosedur kerja atas keadaan penyelamatan di wilayah fasilitas umum yang rusak parah. Kepedulian dan mengucapkan belasungkawa pun tak diterima pihak keluarga hingga sekarang," bebernya.

Fikrin juga meminta pertanggungjawaban Gubernur NTB, karena jembatan itu adalah tanggung jawab pihak Pemerintah Provinsi. Dan meminta agar pimpinan daerah di Kota Bima lebih bisa memahami keadaan duka yang dialami rakyatnya yang menjadi korban dari pembangunan infrastruktur di daerah. 

"Kami pun berharap agar PT Jasa Raharja bisa mempertimbangkan insiden kecelakaan anak saya pagi tadi dengan kondisi sepeda motor Scoopy yang rusak parah," ungkapnya.

Ia menambahkan, Almarhum sebelumnya keluar rumah sekitar jam satu dini hari. Setelah sebelumnya, ia baru saja pulang mengantarkan adiknya yang ikut membantu jualan ibunya di Pantai Amahami. 

"Saya mengetahui kondisi anak saya sepulang mengantarkan adiknya dari Amahami semalam. Dia kemudian keluar rumah, dan paginya kami baru mendengar kabar duka ini dari tetangga," tutup Fikrin yang didampingi para keluarganya.

Sementara itu, Lurah Jatibaru Timur, A.Karim, S.Sos, yang dimintai tanggapannya terkait dengan rambu rambu di sekitar jembatan ambruk, mengaku sebelum kecelakaan ini terjadi Portal Pembatas di sisi Barat Jalan Jembatan Putus memang tidak ada namun kondisi jembatan putus diakuinya sudah berbulan bulan terjadi bahkan Pemerintah telah membuatkan jembatan alternatifnya.

"Sejak saat itu tidak ada portal penanda di sisi Barat, pengendara aman aman saja. Kalau kemudian sekarang tiba tiba ada kejadian seperti ini tentu adalah takdir karena tak seorangpun yang menginginkannya," ungkapnya.

Tapi meski demikian kata Lurah pihaknya akan segera memasang Portal penanda di kedua sisi jalan baik dari arah Barat pun arah Timur agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Kepada Pengendara diharapkannya untuk selalu waspada dan hati hati demi keselamatan diri dan orang lain. "Semoga dengan kejadian ini Pemerintah Propinsi NTB segera merealisasikan pembangunan Jembatan putus Jatibaru,"harap warga. (KS-Qi)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1460,Hukum Kriminal,1987,Kesehatan,297,Korupsi,649,Olahraga,153,Opini,54,Pemerintahan,1444,Pendidikan,752,Politik,1177,Sosial Ekonomi,2483,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jembatan Putus di Jatibaru Makan Korban, Pemkot Terkesan Tutup Mata
Jembatan Putus di Jatibaru Makan Korban, Pemkot Terkesan Tutup Mata
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhYq62DbdKCdHK6O9mNcp3f4lF2FprMSQJCEKsPMgq7Z4GSgbz_beHUioAmcIMb5aw4enup8holBSwrRvEpXV-i97J_vtrAEoLhABaJ-WFQmxy_Ha-GozdFA1PSt4YOICxtpvdlnq7ecHCdUGDoW6py883ipUF_bu1dvzxRr0xxVR6DOL559msNvLS4FA=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhYq62DbdKCdHK6O9mNcp3f4lF2FprMSQJCEKsPMgq7Z4GSgbz_beHUioAmcIMb5aw4enup8holBSwrRvEpXV-i97J_vtrAEoLhABaJ-WFQmxy_Ha-GozdFA1PSt4YOICxtpvdlnq7ecHCdUGDoW6py883ipUF_bu1dvzxRr0xxVR6DOL559msNvLS4FA=s72-c
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2022/02/jembatan-putus-di-jatibaru-makan-korba.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2022/02/jembatan-putus-di-jatibaru-makan-korba.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy