$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Dunia Kembali Menyapa Gunung Tambora Bertajuk “TEKA TAMBORA”

Tepat 207 Tahun Tambora Menyapa Dunia dengan “Mewujudkan Destinasi Wisata Pegunungan Kelas Dunia” terungkap melalui puncak acara Festival Ta...


Tepat 207 Tahun Tambora Menyapa Dunia dengan “Mewujudkan Destinasi Wisata Pegunungan Kelas Dunia” terungkap melalui puncak acara Festival Tambora 2022 yang dilaksanakan di wilayah Tambora sekarang dan kedepan merupakan bagian proses langkah Maju Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dibawah kepemimpinan Aris Munandar,ST,MT alias Anton bersama seluruh jajarannya di Dinas setempat.

BIMA, KS.- Ada apa dengan distinasi wisata gunung tambora ?. Gunung Tambora adalah salah satu gunung tertinggi di wilayah Republik Indonesia tercinta ini yang pernah mengubah iklim dunia dengan letusannya.  Saking dahsatnya para ahli menyatakan tahun meletusnya gunung tambora sebagai "The Year without Summer" alias tahun tanpa musim panas. Nah, untuk memperingati 207 tahun terjadinya peristiwa bersejarah itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bima telah banyak mempersiapkan sejumlah event special untuk memberi hiburan bagi para peserta event tersebut selama berhari-hari di Tambora

Berkolaborasi dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Komunitas Pesona Bima, panitia kegiatan menggelar Teka Tambora 2022. Ayo, langsung kenalan sekaligus melihat agenda seru yang akan dilangsungkan pada 27-29 Mei 2022 ini!

Sementara buat pencinta wisata alam, penikmat wisata olahraga, dan penyuka wisata budaya, ayo datang ke Teka Tambora 2022 yang akan diadakan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat! Ini adalah momen terbaik buat mengeksplorasi Gunung Tambora dan berbagai hal menarik di sekitarnya. Event ini bakal ngasih kesempatan untuk para pencinta trail adventure dan offroad buat melakukan pendakian Gunung Tambora sampai ke Pos 5 dengan kendaraan roda  dua maupun roda empat lewat jalur pendakian Piong. Yang bikin makin asyik, peserta akan diajak buat bermalam di camping ground. Bakal ada kegiatan paralayang juga, lho. Menarik sekaligus menantang, 'kan?

“Nah, mengingat ini adalah event untuk memperingati 207 tahun meletusnya Gunung Tambora, acara renungan dan doa buat mengenang korban erupsi tahun 1815 pun akan diadakan. Jangan lewatkan juga khidmatnya upacara dan pengibaran Bendera Merah Putih raksasa di puncak Gunung Tambora yang rencananya dilangsungkan pada 29 Mei 2022,” cetus Anton.

Penyuka wisata budaya dan seni bakal dikasih keseruan apa? Tenang, Teka Tambora 2022 udah  akan mengadakan acara pentas seni di Camping Ground Oi Tampuro. Siap-siap aja buat terpesona sama tarian, musik, hingga pencak silat khas Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat! Jangan lewatkan juga agenda nonton film tentang Gunung Tambora.”Bakal diisi sama berbagai pameran dan kegiatan edukatif,” pungkasnya.

Berpetualang di alam bukanlah satu-satunya daya tarik Teka Tambora 2022. Dengan tema "207 Tahun Tambora Menyapa Dunia", event ini bakal diisi sama berbagai kegiatan pendukung. Ada educamp buat para siswa, pelaku wisata, dan masyarakat di sekitar Gunung Tambora. Educamp bakal mencakup beberapa kegiatan, antara lain workshop, aksi sadar wisata yang diisi sama kegiatan bersih-bersih di Oi Tampuro, dan kegiatan penghijauan untuk melestarikan ekosistem endemik. Ada pameran ekraf dan fotografi juga, lho.

“Nah, semua kegiatan tersebut ditujukan buat mendukung kemajuan pariwisata, pertumbuhan ekonomi,  dan  supaya  ada  lebih  banyak  lapangan kerja yang tercipta. Jadi, ayo kita dukung supaya acara ini sukses! Tetap perhatikan prokes juga karena Teka Tambora 2022 adalah acara yang menerapkan protokol kesehatan CHSE,” pungkasnya.

Sekilas cerita tentang Teka Tambora sebelumnya. Teka Tambora udah pernah digelar dua kali di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, pada tahun 2018 dan 2019 silam. Namun, rangkaian kegiatan Teka Tambora enggak selengkap tahun ini. Biasanya, acara utamanya adalah jelajah alam dan pendakian dengan cara trekking buat mempromosikan berbagai destinasi wisata di kawasan Gunung Tambora.

Beberapa spot yang sering masuk dalam rute adalah Museum Asi Mbojo, Oi Tampuro, dan Kawinda Toi. Peserta juga selalu melakukan upacara di puncak Gunung Tambora. Sebagai kegiatan tambahan, Teka Tambora dimeriahkan dengan educamp, pameran produk UMKM, dan pemutaran film.“Tambah petualangan dan kenangan di Bima dengan aktivitas seru dan indah tersebut,” imbuhnya.(KS-ADV TIM)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1620,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1271,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dunia Kembali Menyapa Gunung Tambora Bertajuk “TEKA TAMBORA”
Dunia Kembali Menyapa Gunung Tambora Bertajuk “TEKA TAMBORA”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUFx_h9VhPo789JwJwHVi76smR3rKeLlw_wfgfN-KQeo6SczFstdZo-O07FWVlIqu9tSIwBPzZnEc9uVC2G_AFh_o7ZvYlgUq9fqLUUzkk0LvHCinR37akbIeqhe_qJejdHRCds5Q_wMroK2_oievjI6ZFfNRBW4sx4dPZPX618xKO016kn96Y_Amcdw/w336-h400/IMG-20220529-WA0114.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUFx_h9VhPo789JwJwHVi76smR3rKeLlw_wfgfN-KQeo6SczFstdZo-O07FWVlIqu9tSIwBPzZnEc9uVC2G_AFh_o7ZvYlgUq9fqLUUzkk0LvHCinR37akbIeqhe_qJejdHRCds5Q_wMroK2_oievjI6ZFfNRBW4sx4dPZPX618xKO016kn96Y_Amcdw/s72-w336-c-h400/IMG-20220529-WA0114.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2022/05/dunia-kembali-menyapa-gunung-tambora.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2022/05/dunia-kembali-menyapa-gunung-tambora.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy