$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


ILO PETA KOTA BIMA

Di susun oleh :  Azizatul Kamaliyah (201910170311027) Mahasiswa Jurusan Prodi Akuntasi Universitas Muhammadiyah Malang Dari tahun ke tahun, ...

Di susun oleh :  Azizatul Kamaliyah (201910170311027)

Mahasiswa Jurusan Prodi Akuntasi

Universitas Muhammadiyah Malang

Dari tahun ke tahun, perekonomian Kota Bima terus bertambah. Berdasarkan hasil perhitungan PDRB atas dasar harga konstan, pertumbuhan ekonomi Kota Bima pada tahun 2009/2010 adalah sebesar 6,38%. Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Kota Bima pada tahun 2010 adalah sebanyak  Rp. 9.763.181.200,- Kota Bima memiliki 4 sektor unggulan, yaitu pertanian, pertambangan, perikanan, dan pariwisata. 

Jenis mata pencarian penduduk Kota Bima beragam, dengan persentase terbesar adalah pada bidang jasa, kemasyarakatan dan lainnya, yaitu 28%.  Seperti yang kita tahu bahwa “Ilo Peta “ sudah banyak terkenal dikalangan orang-orang karena sudah diketahui oleh banyak penggemar kuliner di kota bima karena kehidupan masyarakat kota identik dengan kesibukan beraktivitas yang super padat, baik sebagai pegawai pemerintah, swasta, bisnismen maupun pengusaha menjadi ciri khas masyarakat kota, tak terkecuali di kota Bima, NTB, Indonesia salah satunya yaitu dengan usaha bisnis “Ilo Peta” yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda, Kota Bima. 

Selain itu juga rumah makan “Ilo Peta “juga menyediakan banyak ratusan makanan dan minuman  yang disajikan agar menarik perhatian para pengunjung untuk menyantap kulineran tersebut hal ini juga disampaikan oleh salah satu pengunjung kuliner “Ilo Peta”saat menyajikan  menu andalan dari rumah makan “Ilo Peta “ yaitu minuman khas berupa Sup Duren.” Ini salah satu munuman khas kami mas, berbahan dasar duren segar “ Insaya Allah di Kota ini baru kami yang sediakan ucap salah satu pelanggan kuliner tersebut.  

Sementara itu, owner Uma Ilo Peta Firi menambahkan, pihaknya menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau dengan pelayanan terbaik. "Bagi pelanggan kami perioritaskan pelayanan yang cepat dan tepat, dan juga kami melayani pesanan secara online atau layanan pesan antar" tutur pengusaha cantik ini, selanjutnya mengajak tim kami berdiskusi lepas terkait rencana pengembangan usaha yang tengah dirintisnya.  

Kulineran ialah elemen penting dalam bidang pariwisata, jadi salah satunya point utama seperti hal nya panorama alam dan budaya. Kulineran mencerminkan kebudayaan dalam sebuah tujuan, warga dan sejarah. Terbentuknya “ilo peta” yaitu dari Gabungan ide tradisionil dan kekinian Ilopeta seperti ajak kita menyaksikan dua lorong waktu untuk mengingat lagi budaya masa lampau dan bedanya dengan saat ini yang menjadikan ilo peta terkenal di Kota Bima sampaikan Kota Sumbawa yang menjadikan ilo peta semakin hari semakin banyak pengunjung kuliner di berbagai kota di pulau Sumbawa. 

Selain menyediakan makanan berat ilo peta juga menyediakan makanan ringan seperti pizza,gorengan,  banyan, kopi tambora, kopi wawo dan bermacam tipe juice buah dan juga Mereka menyeediakan menu khusus berbuka puasa bersama-sama dan memberikan makanan gratis yang berpuasa sunnah senin kamis, dan untuk hafizh dan hafizah disiapkan menu gratis setiap jum'at.  Ilo peta juga menyediakan tempat untuk menikmati kuliner atau berkunjung untuk meredakan rasa lapar, di Uma Ilopeta bisa digunakan sebagai tempat berdiskusi ataupun tempat rapat untuk yang bekerja ataupun para mahasiswa agar mahasiswa dan pelajar bisa sambal menikmati hidangan yang ada di ilo peta dan sekalian untuk nongkrong dan ngumpul bersama.  

 Di sisi lain ada hal yang menarik yaitu persaingan yang saat ini terjadi khususnya di kota Bima yaitu persaingan antara Ilo Peta Kota Bima dan Foodbox Kota Bima, kedua usaha tersebut bergerak dibidang yang sama sehingga kepuasan pelanggan menjadi faktor yang sangat penting bagi kedua usaha tersebut untuk bisa bertahan. Berdasarkan hasil pra survei yang peneliti lakukan, dimana peneliti menemukan beberapa fakta yaitu, 

1) Ilo Peta Kota Bima lebih dulu berdiri dibanding pesaingnya Foodbox Kota Bima, Rekomendasi dari mulut ke mulut (Cara Promosi) yang berbeda turut mempengaruhi tingkat Kepuasan konsumen antara kedua usaha tersebut. 

2) Sementara Foodbox lebih intens melakukan inovasi serta promosi di media social atau melalui ivent–ivent berkelas dengan mendatangkan artis ibu kota, sehingga, dianggap sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi Kepuasan konsumen dalam persaingan usaha. 

3) meskipun demikian, banyaknya konsumen Ilo Peta Kota Bima tidak kalah banyak dengan Foodbox Kota Bima. 

4) Disisi lain, Ilo Peta Kota Bima menerapkan konsep klasik atau tradisional yang mempunyai tempat tersendiri pada setiap hati konsumennya. Hanya saja Ilo Peta memiliki tempat yang tidak terlalu luas baik didalam ruangan maupun di area parkir sehingga memberikan kesan kurang nyaman bagi konsumen. 

5) Sedangkan untuk Foodbox menggunakan interior yang didesain secara modern dan memiliki tempat yang luas serta strategis yang berada ditengah kota, hanya saja area parkir yang berada di foodbox terlalu sempit sehingga mengganggu aktivitas pengguna jalan raya dan menyebabkan kemacetan. Berdasarkan fakta-fakta pra survei serta identifikasi yang peneliti jabarkan diatas maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul analisis perbandingan kepuasan pelanggan antara Ilo Peta Kota Bima dengan Foodbox Kota Bima.  

Persaingan ini cukup menantang bagi pencinta kuliner yang ada di Indonesia karena ilo peta dan food box sama-sama mempunyai daya saing kulineran yang cukup bagus karena keduanya banyak diminati oleh pencinta kuliner yang ada di kota Bima maupun lura kota Bima. Oleh karena itu Persaingan yang ada dalam dunia bisnis mendorong perusahaan untuk menciptakan pemikiran baru mengenai cara mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru. 

Dengan kondisi yang semakin ketat antar perusahaan sejenis, setiap perusahaan harus mampu berlomba untuk memperluas pasarnya. Harapan perusahaan dari perluasan yang dilakukan secara langsung adalah untuk meningkatkan penjualan yang secara tidak langsung perusahaan akan lebih banyak memilih konsumen, Nurjanah (2018). Loyalitas pelanggan merupakan hal yang terpenting dalam kegiatan suatu usaha. 

Dengan adanya tingkat loyalitas konsumen yang tinggi maka konsumen akan melakukan pembelian secara terus menerus akan membawa dampak yang menguntungkan bagi perusahaan. Berdasarkan hasil pengamamtan pencinta kuliner  yang ada di kota Bima maupun luar kota Bima yaitu kepuasan pelanggan Adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan oleh karena itu rumah makan ilo peta bersih keras untuk bagaimana cara untuk membuat pelanggan kulineran nya semakin tertarik dengan menu yang telah disiapkan dengan cara mengkreasikan olahan makanan yang ada pada menu sebelumnya dan diolah lagi menjadi makanan yang menarik bagi para pencinta kuliner yang ada di kota Bima. Hingga sampai saat ini  Ilo Peta masi menduduki rumah makan yang lumayan banyak di kunjungi oleh pencinta kuliner yang ada di pulau sumbawa tepatnya di Kota Bima. **

** Artikel Etika Bisnis Dan Profesi | Syarat memenuhi UAS mata kuliah Etika Bisnis Dan Profesi


COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1576,Hukum Kriminal,2089,Kesehatan,375,Korupsi,733,Olahraga,228,Opini,128,Pemerintahan,1534,Pendidikan,825,Politik,1253,Sosial Ekonomi,2567,
ltr
item
Koran Stabilitas: ILO PETA KOTA BIMA
ILO PETA KOTA BIMA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXQodiI_sfQyGnG1dzpv7j00OYoAKubRGFicA0EDcl3B9fsiWCFgEF41b7Eg1UYrsnSJwP_OW_ScDks8i6Hw_cMUtffXYsr9mEoDMVfWsuke6s0Xpjm8Ov-0UPfIgCOQLdn7xYYWpG3xmjK4fUjyBfe_puUUUD3ILzpM4hSsbDFqgzi01CzmwztpK8MQ/s320/WhatsApp%20Image%202023-01-10%20at%2006.59.09.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXQodiI_sfQyGnG1dzpv7j00OYoAKubRGFicA0EDcl3B9fsiWCFgEF41b7Eg1UYrsnSJwP_OW_ScDks8i6Hw_cMUtffXYsr9mEoDMVfWsuke6s0Xpjm8Ov-0UPfIgCOQLdn7xYYWpG3xmjK4fUjyBfe_puUUUD3ILzpM4hSsbDFqgzi01CzmwztpK8MQ/s72-c/WhatsApp%20Image%202023-01-10%20at%2006.59.09.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2023/01/ilo-peta-kota-bima.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2023/01/ilo-peta-kota-bima.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy