$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

BPJS Kembangkan Jejaring Komunikasi Pelayanan

Upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di level Puskesmas menjadi salah satu titik berat Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan Cabang Bima.

Upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di level Puskesmas menjadi salah satu titik berat Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan Cabang Bima. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima yang diwakili Kepala Unit MPKP, Miftahul Jannah, Kamis (12/3) menggelar kegiatan Jejaring Komunikasi antar Fasilitas Kesehatan Primer yang secara khusus menghadirkan Para Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Bima dan pejabat terkait lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Bima di Aula Kantor Bupati Bima.

Pelayanan kesehatan tingkat pertama di level Puskesmas memiliki andil penting dalam menangani pasien khususnya yang berstatus peserta BPJS. Miftahul Jannah menjelaskan, cakupan Pelayanan Tingkat Pertama lingkup Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP). Pada tingkat ini, jenis pelayanan yang diberikan mencakup administrasi pelayanan seperti biaya administrasi pendaftaran peserta, penyediaan dan pemberian surat rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan, jika pasien tidak bisa ditangani.

“Selain itu, pada tingkat pertama ini, cakupan pelayanannya antara lain pelayanan promotif preventif, meliputi kegiatan penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi dasar, KB, skrining kesehatan, pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis termasuk pemeriksaan ibu hamil," terangnya.

Dihadapan 30 peserta tersebut wanita yang akrab disapa Ana ini menguraikan. untuk meningkatkan kualitas layanan oleh para dokter, maka diterapkan Pola Pembiayaan Provider Berbasis Kinerja (Pay for Performance/P4P). Kehandalan pola ini kata Ana telah teruji pada beberapa negara seperti hasil Survey di Inggris (89%), Italia (70%), Australia (65%), Belanda (81%) dan Selandia Baru (80%). Para fokter pelayanan primer lebih menyukai pola pembiayaan P4P ini. “Manfaat Kapitasi berbasis kinerja memungkinkan perubahan perilaku Dokter karena akan berusaha untuk mencapai target kinerja untuk mendapatkan pembayaran yang lebih besar.” tutur Ana.

Disamping itu jelasnya, akan terjadi peningkatan kepuasan peserta karena layanan dokter lebih baik dan Efisiensi biaya pelayanan kesehatan sebab pembiayaan berdasar kinerja dokter. pembayaran. Di Indonesia, Pada tahun 2015 ini, Model P4P tengah dirumuskan oleh BPJS Kesehatan tahun 2015 dengan Kapitasi Berbasis Kinerja mengacu pada Permenkes Nomor 59 Tahun 2014 pasal 4. Regulasi ini menyatakan (a) besaran kapitasi berdasarkan sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen Pelayanan, (b) rentang kapitasi dengan penetapan besaran kapitasi per Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) oleh BPJS Kesehatan dan Asosiasi Fasilitas kesehatan. Perbaikan pelayanan akan tetap menjadi fokus perhatian, hal ini sesuai dengan 9 Rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan Jaminan Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan perlu meningkatkan pemahaman dan kompetensi petugas kesehatan di daerah.

Lanjutnya, KPK juga merekomendasikan perlunya melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada Dinkes dan petugas puskesmas yang melibatkan semua pemangku kepentingan, menjadikan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis yang dilakukan sebagai indikator kinerja tiap kantor cabang. BPJS Menyediakan ruang konsultasi dengan FKTP dan Dinkes setempat serta melakukan pengukuran terhadap tingkat pemahaman FKTP dan kepuasan FKTP ke BPJS Kesehatan.

Pada aspek monitoring dan evaluasi, beberapa rekomendasi KPK yang harus ditindak lanjuti agar tercipta perbaikan pelayanan, Membangun perangkat yang digunakan oleh FKTP agar indikator kinerja yang ditetapkan oleh Kemenkes dapat diukur secara periodik, Menyusun database kinerja FKTP sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dan menyerahkannya kepada Kemenkes untuk dijadikan bahan pendukung untuk pelaksanaan monev dan penetapan kebijakan JKN di masa yang akan dating, BPJSK menetapkan indikator kinerja bagi BPJS di daerah dalam memonitoring FKTP di wilayahnya. Indikator kinerja bagi BPJSK di daerah untuk segera memasang aplikasi P-care di seluruh FKTP termasuk memonitoring penggunaannya.

“KPK juga merekomendasikan perlunya menciptakan lingkungan pengendalian yang lebih handal dengan (1) Memastikan bahwa mekanisme kontrol yang dibangun BPJS di tingkat FKTP berjalan, (2) BPJS di tiap daerah membangun saluran pengaduan masyarakat terkait pelayanan di FKTP dan mensosialisasikannya," terang Miftahul. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: BPJS Kembangkan Jejaring Komunikasi Pelayanan
BPJS Kembangkan Jejaring Komunikasi Pelayanan
Upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di level Puskesmas menjadi salah satu titik berat Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan Cabang Bima.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/bpjs-kembangkan-jejaring-komunikasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/bpjs-kembangkan-jejaring-komunikasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy