$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

30 Persen Pemilih di Bima Tidak Coblos

Tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Bima ternyata jauh dari harapan.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Bima ternyata jauh dari harapan. Pasalnya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat memperkirakan sekitar 30 persen pemilih tidak datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos pada tanggal 9 Juli 2014 lalu.

Rendahnya tingkat kehadiran pemilih tersebut menyebabkan angka partisipasi pada Pilpres ini menurun dibandingkan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu. “Hasil pengawasan kami, animo masyarakat yang datang ke TPS pada Pilpres ini memang sangat kurang. Kami memperkirakan sekitar 30 persen mereka tidak mencoblos,” kata Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima Bidang Pengawasan, Abdullah, SH, Sabtu pagi.

Bahkan jelas dia, di Kecamatan Belo tingkat kehadiran pemilih hanya mencapai 50 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Rendahnya kehadiran pemilih itu menurutnya, bukan karena kurangnya penyampaian sosialisasi dari Penyelenggara Pemilu. Namun diantaranya disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dan kesibukan mengurus pertanian.

“Seperti di Belo kemarin, banyak pemilih tidak datang ke TPS karena lebih mementingkan urusan pertanian,” terangnya.

Untuk mengetahui berapa angka pasti tingkat partisipasi pemilih, pihaknya saat ini sedang mendata khusus klasifikasi jumlah pemilih. Diantaranya yang menggunakan hak pilih dan tidak, maupun yang menggunakan identitas lain seperti KTP, KK dan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKtb).

Ditanya soal pelanggaran pada Pilpres, diakuinya tidak ada temuan apa-apa. Tahapan pencoblosan berlangsung dengan lancar dan aman. Dirinya berharap kondisi itu akan tercipta hingga tahapan Pilpres berakhir. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: 30 Persen Pemilih di Bima Tidak Coblos
30 Persen Pemilih di Bima Tidak Coblos
Tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Bima ternyata jauh dari harapan.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/30-persen-pemilih-di-bima-tidak-coblos.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/30-persen-pemilih-di-bima-tidak-coblos.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy