$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Persiapan Lebaran, PLN Tambah Daya 2 MB

Mendekati hari lebaran, PT.PLN Persero Cabang Bima mempersiapkan cadangan daya dengan menambah 3 unit mesin baru dengan kapasitas 2 MB (Megabyte)

Mendekati hari lebaran, PT.PLN Persero Cabang Bima mempersiapkan cadangan daya dengan menambah 3 unit mesin baru dengan kapasitas 2 MB (Megabyte). Penambahan mesin baru itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada musim lebaran nanti, menginggat setiap lebaran kebutuhan listrik selalu meningkat.

Hal tersebut disampaikan kepala PLN Cabang Bima, Heriyandi kepada Koran Stabilitas, usai acara Buka Puasa bersama dengan anak yatim dan warga di sekitar PLTD Ni’u, Kamis (17/07). Menurutnya, setelah lebaran biasanya beban listrik naik, dan itu sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Maka untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman, pihak PLN menyediakan cadangan daya dengan menambah 2 MB. “ Kita menyediakan cadangan untuk persiapan lebaran, karena kebutuhan daya setelah lebaran itu meningkat, jadi perlu cadangan daya,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan penambahan 3 unit mesin baru tersebut, daya yang tersedia sampai saat ini menjadi 37 MB, dari sebelumya 35 MB. Artinya, cadangan daya yang tersedia sekitar 4 MB, dan itu cukup untuk menghadapi lebaran nanti. Karena beban puncak biasanya sekitar 34 MB sampai 35 MB, dan kalaupun terjadi kerusakan mesin yang lain, PLN masik punya cadangan daya sekitar 2 MB.

Diakuinya, bahwa penambahn 3 unit mesin baru tersebut ada mesin sewa, bukan bangun baru, karena sebentar lagi PLTU Bonto akan beroperasi. Sehingga pihak PLN memutuskan untuk menyewa mesin baru, dan itu lebih hemat ketimbang bangun baru. “ Pengadaan mesin baru itu harus non BBM, jadi kita putuskan untuk sewa saja, dan sewa itu lebih cepat ketimbang bangun baru. Dengan adannya PLTU itu, untuk mengganti mesin BBM menggunakan batu bara, dan cadangan daya semakin banyak,” terangnya.

PLN terus menambah mesin baru yang disewakan, padahal cadangan daya masih cukup. Ternyata cadangan daya itu salalu menurut seiring perkembangan ekonomi masyarakat, artinya kebutuhan listrik itu meningkat secara alami. Cadangan daya berkurang seiring Penambahan pelanggan, dan tergantung kondisi ekonomi masyarakat, “Karena kebutuhan masyarakat akan listrik meningkat secara alami, dari yang tidak punya kulkas dan ricecooker, sekarang sudah mampu beli dan itu menambah beban listrik, artinya daya itu perlu cadangan banyak, apalagi ada pemasangan baru,” tuturnya.

Lanjutnya, kalapun ada pemadaman listrik yang terjadi sewaktu-waktu, itu bukan karena tidak ada cadangan daya, akan tetapi itu terjadi karena pemadaman yang sifatnya insidentil, yang memang tidak bisa dihindari, seperti ganguan jaringan akibat rambasan pohon yang mengenai jaringan, cuaca buruk dan ganguan binatang. “Ganguan yang sifatnya insidentil itu memang tidak bisa dihindari, untuk itu saya minta kepada masyarakat yang mempunyai pohon di depan rumahnya untuk diikhkaskan untuk dipotong,” harapnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Persiapan Lebaran, PLN Tambah Daya 2 MB
Persiapan Lebaran, PLN Tambah Daya 2 MB
Mendekati hari lebaran, PT.PLN Persero Cabang Bima mempersiapkan cadangan daya dengan menambah 3 unit mesin baru dengan kapasitas 2 MB (Megabyte)
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/persiapan-lebaran-pln-tambah-daya-2-mb.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/persiapan-lebaran-pln-tambah-daya-2-mb.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy