$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

HMI dan IMM Desak Benny Dicopot

Pasca ke empat rekannya terluka saat melakukan unjuk rasa Kamis lalu akibat bentrok dengan aparat Kepolisian Polres Bima Kota

Pasca ke empat rekannya terluka saat melakukan unjuk rasa Kamis lalu akibat bentrok dengan aparat Kepolisian Polres Bima Kota, Puluhan Mahasiswa yang tergabung dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima dan Ikatan Mahasiswa Muhamadyah (IMM) Cabang Bima kembali turun kejalan. Mereka meminta, agar Kapolres dicopot dari jabatannya karena dinilai tidak mampu membina anggotanya.

Jenderal Lapangan (Jenlap) Muhammad Jafar dalam orasinya, mendesak kepada Kapolda NTB agar segera mencopot Kapolres Bima Kota AKBP. Benny Basyir Warmansyah, S. Ik. Permintaan tersebut disampaikan, karena Benny dinilai sebagai dalang kerusuhan yang ada di Bima ini. Selain itu, ia juga mendesak Kapolda NTB agar memeriksa seluruh jajaran Kepolisian yang melakukan tindakan brutal, sehingga mengakibatkan sejumlah Mahasiswa mengalami luka-luka. ”Copot Kapolres Bima Kota yang telah sengaja membiarkan anggotanya bertindak brutal pada Mahasiswa,”ujarnya marah saat mendatangi Mapolresta Bima Kota Jumat (26/9) pagi.

Tindakan brutal yang dilakukan Aparat Kepolisian tersebut lanjutnya, telah mencederai empat orang Mahasiswa yang kemudian harus dirawat di RSUD Bima. Dari empat orang Mahasiswa yang dirawat itu yakni, Feriman mengalami patah pergelangan tangan kanan, luka robek di bagian wajah, Juniar luka memar dibagian punggung dan dada, M. Sujan luka robek di kepala, lecet di wajah dan Asrad mengalami luka robek pada bagian telinga yang diduga terkena peluru dari Senjata aparat.”Kami telah melakukan visum terhadap luka yang dialami keempatnya untuk dilaporkan ke Kapolda NTB,”tuturnya.

Ia mengaku, pihaknya telah bertemu dengan pihak Kepolisian yang diwakilkan oleh Wakapolres Bima Kota yang baru. Saat itu, Wakapolres berjamji akan segera menindaklanjuti keinginan mahasiswa untuk mengungkap insident tersebut. ”Wakapolres harus tepati janjinya seperti yang disampaikan, kalau tidak jangan pernah salahkan kami bilamana akan ada aksi besar-besaran dekemudian har,”ancamnya.

Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang POLRI, Pasal 13 disebutkan bahwa. Tugas pokok kepolisian RI adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang baik kepada masyarakat. ”Beberapaa tahun terakhir, Kepolsian justru mengalihkan peran dan fungsinya menjadi musuh masyarakat. Polisi bukan lagi pengayom, tapi mereka telah menjadi musuh masyarakat,”sorotnya.

Wakapolres Bima Kota, Kompol. Yuyan Priatmaja, S. Ik saat menemui puluhan mahasiswa tersebut mengatakan, akan mengusut tuntas persoalan tersebut. Hanya saja, mahasiswa harus melaporkannya secara resmi ke Polisi. ”Pada prinsipnya, kita akan tetap lakukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” jelasnya.

Ia mengaku, baru menjadi Wakapolres Bima Kota mulai Jum’at (26/9). Namun, dirinya telah mengetahui insiden tersebut. Pada intinya, Kepolisian akan bekerja sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. ”Kalau misalnya anggota terbukti bersalah, maka secara perintah UU mereka harus ditindak,”katanya.

Seperti yang diberitakan Koran Stabilitas sebelumnya, peristiwa bentrokan antara Polisi dengan Mahasiswa, bermula ketika acara pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima periode 2014-2019 Tanggal 25 September 2014 digelar. Saat itu, ada salah seorang oknum Mahasiswa yang menendang tameng milik Polsi. Setelah itu, Polisi pun bereaksi dan terjadilah bentrokan sehingga empat Mahasiswa mengalami luka-luka. (KS-05/KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: HMI dan IMM Desak Benny Dicopot
HMI dan IMM Desak Benny Dicopot
Pasca ke empat rekannya terluka saat melakukan unjuk rasa Kamis lalu akibat bentrok dengan aparat Kepolisian Polres Bima Kota
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/hmi-dan-imm-desak-benny-dicopot.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/hmi-dan-imm-desak-benny-dicopot.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy