$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Tolak Pembangunan Pura, FUI Dialog Dengan Polisi

Sejumlah anggota Forum Umat Islam (FUI) Dompu dari Jama’ah Anshory Syariah (JAS) Kabupaten Dompu, Rabu kemarin mendatangi kantor Kapolres Dompu.

Sejumlah anggota Forum Umat Islam (FUI) Dompu dari Jama’ah Anshory Syariah (JAS) Kabupaten Dompu, Rabu kemarin mendatangi kantor Kapolres Dompu. Kedatangan mereka tersebut untuk melakukan dialog, terkait penolakan pembangunan Pura atau tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Tambora.

Dalam pertemuan itu dikemukakan beberapa item alasan dari penolakan FUI. Antara lain karena pembangunan pura tidak sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri, ijin pendirian tempat ibadah, pembangunan pura penuh rekayasa dan intimidasi. ”Kami minta pembangunan pure tersebut agar ditinjau kembali ijin pendiriannya,” ungkap Muhammad Taqiudin, juru bicara FUI di Aula Rapat Kapolres Dompu.

Alasan lain yang diungkapkan FUI adalah pembangunan pure yang berdekatan dengan sumber mata air dan mengasumsikan mata air itu seperti air suci dari Gangga India, serta istilah pure terbesar di Asia yang dapat mencederai perasaan umat islam. “Kami tidak pernah mempermasalahkan pembangunan pure, tapi lokasi pembangunan pure itu yang berada di tengah umat muslim yang kami tidak setuju,” terangnya.

Terkait persoalan itu FUI telah menanyakan kepada H. Abubakar Ahmad atau lebih dikenal Ompu Beko, tentang pemberian ijin pembangunan pure selama dirinya menjabat sebagai Bupati Dompu beberapa priode lalu. Ompu Beko, menjelaskan tidak memberikan ijin tapi ada surat tentang pemugaran pure tersebut. “Untuk hal ini Kami, telah melaporkan atau mengadukan ke majelis ulama indonesia (MUI) baik yang ada di Dompu, Bima ke Propinsi bahkan sampai ke pusat,” ujarnya.

Sementara Kapolres Dompu, AKBP Purnama, pada kesempatan itu mengatakan dari soal permintaan FUI agar pihak Kepolisian menangani secara serius dan bijak atas kasus itu, akan direspon dan dan menangani dengan cepat, bahkan telah meninjau lokasi pembangunan pure yang di permasalahkan. “Kami sudah lama merespon dan tangani karena itu tugas Polisi,” ungkap Purnama.

Lanjutnya, perlu diketahui bahwa pembangunan Pure yang luas lahannya sekitar 6 hektar di Tambora itu tidak berada di wilayah Kabupaten Dompu, tapi berlokasi di Dusun Oi Bura Desa Tambora Kabupaten Bima. “Kami sudah tinjau kelokasi dan dapat dipastikan bukan diwilayah Dompu,” terangnya.

Lalu katanya, soal isu mata air yang dikatakan tidak suci bagi umat Islam sampai saat ini mata air tersebut masih dikonsumsi oleh warga sekitar. Terkait mata air itu juga sudah ada pertemuan pembahasan pemerintah dompu dengan Polisi dan pihak Kodim Dompu. Dari pembahasan itu rencananya akan dibuatkan bak air khusus bagi umat Islam. “Untuk pembuatan bak air Bupati telah meminta Kodim Dompu untuk membuat,” jelasnya.

Terkait dengan ijin pembanguna Pure jelas Kapolres, sebenarnya ijin pembangunan Pure dikeluarkan Bupati Bima, karena memang berada di wilayah Kabupaten Bima. Kapolres berharap agar menyikapi persoalan itu dengan bijak dan melalui mufakat. “Pembangunan Pure perlu duduk bersama semua pihak terkait,” imbuhnya. (KS-10)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Tolak Pembangunan Pura, FUI Dialog Dengan Polisi
Tolak Pembangunan Pura, FUI Dialog Dengan Polisi
Sejumlah anggota Forum Umat Islam (FUI) Dompu dari Jama’ah Anshory Syariah (JAS) Kabupaten Dompu, Rabu kemarin mendatangi kantor Kapolres Dompu.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/tolak-pembangunan-pura-fui-dialog.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/tolak-pembangunan-pura-fui-dialog.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy