$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Amoral dan Korupsi Marak, Bukti Moral Terkikis

Maraknya peredaran video mesum oknum antar pelajar, video mesum oknum guru, kekerasan guru terhadap siswa dan dugaan pencabulan siswa SMK terhadap dua siswa yang masih belia serta praktek korupsi

Maraknya peredaran video mesum oknum antar pelajar, video mesum oknum guru, kekerasan guru terhadap siswa dan dugaan pencabulan siswa SMK terhadap dua siswa yang masih belia serta praktek korupsi, merupakan bukti moralitas Dunia Pendidikan baik di Kota maupun Kabupaten Bima sudah terkikis. Pernyataan itu disampaikan, Akademisi Pendidikan, Ikbal, S.Pd, M.Pd kepada Koran Stabilitas Minggu (26/10).

Menurutnya, dugaan amoral yang marak diberitakan oleh media massa baik cetak maupun elektronik dipicu oleh kemajuan dan kecanggihan tekhnologi, seperti Hp dan alat tekhnologi lainya. Sehingga, tayangan-tayangan yang berbau amoral tanpa sensor bebas ditonton melalui media elektronika tersebut. Efeknya, muncul hasrat ingin mencoba dan mempraktekan di dunia nyata.

Jadi, jangan heran ketika dugaan amoral yang kebanyakan terjadi pada dunia pendidikan semakin merajalela. “Penyebab terjadinya praktek yang memalukan itu adalah media. Karena, tontonan video mesum bukan lagi hal yang tabu, anak SD aja sudah pintar nonton video mesum, apalagi siswa SMP, SMA dan oknum pendidik,” katanya.

Begitupun lanjutnya, dugaan korupsi yang terjadi di Dinas Pendidikan. Bedanya, jika dugaan amoral karena pengaruh media, praktek yang merugikan rakyat dan Negara cenderung terjadi akibat gaya hidup mewah dan ambisi ingin meraih kekayaan. Tapi, semua itu terjadi (amoral dan korupsi) karena moral para oknum di dunia pendidikan sudah terkikis, bahkan hampir sudah tidak ada. “Kuncinya moral, kalau moral oknum di Dinas Pendidikan dan tenaga pendidik sudah terkikis, maka akan melahirkan generasi bangsa yang bermental amoral dan korup,“ ujarnya.

Salah satu upaya untuk mengatasi dan mengantisipasi kembali terjadi praktek semacam itu yakni dengan menerapkan Pendidikan yang berkarakter, menanggapi hal itu, Ikbal yang juga Dosen STKIP Bima itu menyarankan, pendidikan karakter untuk menghasilkan generasi yang bermoral jangan hanya diterapkan pada pelajar. Melainkan, juga harus diajarkan pada tenaga pendidik, termasuk yang dipercayakan mengabdi pada Dinas Pendidikan. “Terapkan pendidikan karakter pada guru, Kepsek, Pengawas, dan pada siapapun yang mengabdi pada Dinas Pendidikan. Mungkin dengan cara seperti itu, dapat menghasilkan generasi bangsa yang memiliki moral. Sehingga, praktek yang merusak nama Pendidikan tidak terulang lagi dilain waktu,” tandasnya.

Apabila dugaan amoral dan korupsi terus terjadi dalam dunia pendidikan, itu pertanda Pendidikan akan mengalami degradasi fungsi, pendidikan hanya akan menjadi syarat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Sementara, moral dan salah satu tujuan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa malah diabaikan. “Saat ini, sulit dibedakan antara siswa dan guru, karena tindakan amoral bukan hanya dilakukan oknum pelajar tapi juga oknum guru. Saya khawatir, nasib pendidikan kedepanya akan semakin terpuruk, “ terangnya.

Solusinya, kata Alumni Universitas Muhammadiyah Malang itu, selain penerapan pendidikan karakter terhadap siswa, tenaga pendidik, Kepsek, Pegawai Dinas Pendidikan (PNS dan Honorer), dan Pejabat Dinas Pendidikan, tapi juga harus ditindak tegas oknum-oknum yang melakukan praktek semacam itu. “Pendidikan karakter saja tidak cukup, harus ada tindakan tegas agar pelaku jera. Pelaku mesti ditindak tegas secara kelembagaan dan hukum,“ tegasnya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Amoral dan Korupsi Marak, Bukti Moral Terkikis
Amoral dan Korupsi Marak, Bukti Moral Terkikis
Maraknya peredaran video mesum oknum antar pelajar, video mesum oknum guru, kekerasan guru terhadap siswa dan dugaan pencabulan siswa SMK terhadap dua siswa yang masih belia serta praktek korupsi
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/amoral-dan-korupsi-marak-bukti-moral.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/amoral-dan-korupsi-marak-bukti-moral.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy