$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kepsek SLBN Diindikasi Salahgunakan Dana BOP

Setiap Tahun Pemerintah Pusat mengucurkan puluhan Juta dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada masing-masing Sekolah Luar Biasa (SLB) baik yang berstatus Negeri maupun Swasta.

Setiap Tahun Pemerintah Pusat mengucurkan puluhan Juta dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada masing-masing Sekolah Luar Biasa (SLB) baik yang berstatus Negeri maupun Swasta. Harapanya, dana itu dipergunakan sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang telah ditetapkan. Namun, harapan itu justeru berbanding terbalik dengan yang terjadi di SLBN yang berlokasi depan Puskesmas Asakota Bima.

Masalahnya, dana BOP sebesar Rp.50 Juta setiap tahun diduga tidak peruntukan sesuai aturan main yang telah ditentukan. Seperti, untuk honorer guru non PNS, kegiatan kurikulum dan kegiatan lain. Padahal, honorer tenaga pendidik bukan PNS sudah tercantum dalam RAB. “Aturannya, selain untuk biaya kegiatan lain tapi juga dimanfaatkan untuk honor guru non PNS,” kata sumber Koran Stabilitas inisial B Selasa (14/10) kemarin.

Sumber menduga, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran itu direkayasa. Sebab, LPJ mesti disesuaikan dengan bukti penggunaaan, termasuk tandatangan penerima dana tersebut yakni para guru non PNS. “Bagaimana bentuk pertanggungjawabanya, untuk honor guru non PNS saja tidak diberikan. Jangan-jangan tandatangan penerima honorer juga dipalsukan, sehingga kuat dugaan LPJ itu difiktifkan,” ujarnya.

Sementara, Kepala SLBN, Ikhsan yang dikonfirmasi Koran ini Selasa (14/10) diruang Kerjanya secara tegas membantah telah menyalahgunakan bantuan Pusat tersebut. Dalihnya, dana itu sudah digunakan sesuai RAB yang telah ditentukan. Buktinya, 12 orang guru non PNS sudah menikmati dana bantuan tersebut. “Informasi itu tidak benar, karena mereka (guru non PNS) masing-masing menerima Rp.300 Ribu per-triwulan,” elaknya.

Ia mengaku, informasi miring yang dialamatkan pada dirinya sudah sering kali terjadi. Karena itu, dirinya sedang mencari tahu siapa guru PNS di SLBN yang menyebarkan informasi tersebut. Apalagi, selama ini tidak ada satu senpun dana bantuan Pemerintah yang dikelola sendiri tanpa sepengetahuan para guru yang mengabdi di Sekolah Penyandang Cacat ini. “Saya sering diisukan seperti ini, tap saya yakin lambat laun akan terbingkar siapa yang menyebarkan isu tidak benar dalam kaitan itu,” kilahnya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kepsek SLBN Diindikasi Salahgunakan Dana BOP
Kepsek SLBN Diindikasi Salahgunakan Dana BOP
Setiap Tahun Pemerintah Pusat mengucurkan puluhan Juta dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada masing-masing Sekolah Luar Biasa (SLB) baik yang berstatus Negeri maupun Swasta.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/kepsek-slbn-diindikasi-salahgunakan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/kepsek-slbn-diindikasi-salahgunakan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy