$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

30 Kuda Berlaga dalam Kontes Kuda Bima

Sebanyak 30 ekor kuda terbaik di Kota Bima berlaga dalam Kontes Kuda yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bima dan bekerjasama dengan Dinas Provinsi NTB.

Sebanyak 30 ekor kuda terbaik di Kota Bima berlaga dalam Kontes Kuda yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bima dan bekerjasama dengan Dinas Provinsi NTB. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Kota Bima Drs. M Farid, MSi. Acara ini dihadiri pula oleh jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta 30 peserta kontes kuda tahun 2014. Kontes ini diselenggarkan di halaman Istana ASI Mbojo pada Senin pagi (10/11). 

Dalam sambutan Walikota Bima yang dibacakan oleh Asisten I Kota Bima, Drs. M. Farid, MSi menyampaikan bahwa Kuda yang menjadi salah satu ikon daerah merupakan bagian dari budaya masyarakat Mbojo. Ketangkasan menunggang kuda merupakan keterampilan yang menjadi bagian cerita-cerita sejarah bima, yang masih terpelihara hingga kini.

Diceritakannya bahwa sejak abad XII masehi, kuda asal bima sudah tersohor di nusantara. Saat itu, para pedagang dari berbagai penjuru datang membeli kuda bima, kemudian dijual di negeri asalnya untuk dijadikan tunggangan para raja, bangsawan, dan panglima perang. “Raja-raja dan panglima perang kerajaan kediri, singosari, dan majapahit, dalam buku negarakertagama karangan empu prapanca, juga selalu memilih kuda bima untuk memperkuat armada kavalerinya,” cerita Farid.

Kemashuran Kuda Bima juga pernah dimuat dalam Koran Kompas (edisi 16 Desember 2010), para Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia pun sering meminta dikirimi Kuda Bima, yang dinilai sebagai jenis kuda terbaik di Kepulauan Hindia Belanda. Kuda Bima dinilai sebagai sarana transportasi yang tangguh karena kuat membawa beban hasil panen, tahan cuaca panas, serta jinak.

Tercatat juga pernah ada seorang pangeran dari Madura yang memesan beberapa kuda kepada Sultan Abdul Kadim, Sultan Bima ke-8 (abad ke-18). Ketika itu, Kesultanan Bima memiliki ranch, tempat pemeliharaan kuda di Desa Wera, Lambu, Kangga, Paile, Sangeang Darat, Sangeang Api, dan Poja.

“Semua ini adalah bukti kejayaan kuda bima pada masa lalu. Lalu bagaimana dengan masa sekarang? Kini menjadi tanggung jawab kita semua untuk melestarikan dan mengembalikan pamor kuda bima sebagai potensi dan kebanggaan daerah. Diharapkan melalui kontes kuda yang kita laksanakan ini, tujuan tersebut dapat tercapai”, jelas Asisten I.

Diakhir sambutannya diharapkannya agar kegiatan ini dapat dijadikan ajang promosi budaya daerah, dan semoga bisa meningkatkan kepariwisataan Kota Bima. Selain kegiatan ini Disbudpar Provinsi NTB bekerjasama dengan Disbudpar Kota Bima juga menggelar kegiatan lain diantaranya Pentas Kesenian yang berlangsung di Lapangan Serasuba (Eks Lapangan Merdeka Bima) yang dibuka pada Senin Malam pukul 20.00 wita. Selain itu pula, pada Selasa (11/11) diselenggarakan Lomba Lukis Kuda di Musuem Istana ASI Mbojo. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: 30 Kuda Berlaga dalam Kontes Kuda Bima
30 Kuda Berlaga dalam Kontes Kuda Bima
Sebanyak 30 ekor kuda terbaik di Kota Bima berlaga dalam Kontes Kuda yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bima dan bekerjasama dengan Dinas Provinsi NTB.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/30-kuda-berlaga-dalam-kontes-kuda-bima.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/30-kuda-berlaga-dalam-kontes-kuda-bima.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy