$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

PAD Tata Kota Merosot

Di tahun 2014, pemerintah Kota Bima, manargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Tata Kota lebih kurang Rp.600 juta

Di tahun 2014, pemerintah Kota Bima, manargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Tata Kota lebih kurang Rp.600 juta. Namun target tersebut justeru jauh dari harapan, selama 9 bulan terakhir, pandapatan Dinas Tata Kota merosot. Dalam waktu 9 bulan PAD Dinas Tata Kota baru mencapai 8 porsen. Apa sebenarnya yang terjadi di Dinas Tata Kota ?.

Pemerintah menargetkan angka Rp.600 juta pada dinas Tata Kota, itu karena melihat potensi yang ada di dinas tersebut. Salah satu potensi sumber PAD di Dinas Tata Kota adalah, pada IMB. IMB menjadi sumber pendapatan yang utama pada dinas Tata Kota, begitu juga yang terjadi pada kot-kota lain.

Belakangan ini, disepanjang jalan Soekarno Hatta dan jalan Gajah Mada, berderet bangunan bertingkat baru dan papan iklan, belum lagi masyarakat yang mengurus IMB hampir setiap hari. Lantas kemanakan uang hasil mengurus IMB tersebut, dan kenapa hanya 8 porsen saja capaianya selama 9 Bulan.

Apakah karena pemilik bangunan tidak mengurus ijin atau ada oknum yang sengaja tidak menyetorkan hasil IMB ke kantor Dinas Tata Kota. Memang ada sebagain kecil bangunan yang tidak memiliki IMB, namun sebagian besar sudah memiliki ijin, bahkan memperpanjang ijin.

PAD Dinas Tata Kota, baru mengalami perubahan setelah pergantian kepala dinas sekitar 2 bulan yang lalu. Kepala Dinas Tata Kota, Ir.Hamdan yang dikonfirmasi terkait Capaian PAD, menjelaskan, bahwa saat dilantik menjadi kepala Dinas Tata Kota, PAD saat itu baru mencapai 8 porsen. “Saat saya masuk, PADnya baru 8 porsen. Dan yang saya kumpulkan dari sumber yang kecil-kecil saja, seperti IMB rumah yang berkisar Rp.250 ribu keatas, sementara yang besar seperti perpanjangan ijin papan iklan itu sudah tidak ada,” akunya.

Lanjut Handan, setelah 2 bulan menjadi kepala Dinas, dirinya sudah mampu mencapai angka 32 porsen dari target, itu artinya PAD yang sudah terkumpul sudah mencapai Rp.200 juta lebih. “Kalau selama saya masuk disini, saya sudah mencapai angka 32 porsen, dan sebelumnya hanya 8 porsen, dan saya tidak tahu alasannya, karena saat itu bukan saya yang memimpin,” tuturnya.

Hamdan optimis, disisa waktu yang tinggal 1 bulan lebih ini, akan terus meningkatkan PAD lebih kurang 60 porsen dari target. Namun untuk kedepannya, Hamdan berjanji akan menindak tegas pemilik/atau perusahaan yang mendirikan papan iklan atau bangunan yang tidak memiliki IMB. Sebab itu akan berdampak pada capaian PAD dinas Tata Kota.

“Contohnya, Arema yang mengajukan ijin berbeda dengan kondisi bangunan, dan itu sudah ditertibkan. Kita sudah mempersiapkan perangkat untuk mengecek langsung di lapangan, ketika kami menemukan bangunan yang tidak memiliki IMB akan kita tertibkan. Kita sudah mempersiapkan mesin genset dan alat gerinda dan gergaji listrik,” ujarnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: PAD Tata Kota Merosot
PAD Tata Kota Merosot
Di tahun 2014, pemerintah Kota Bima, manargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Tata Kota lebih kurang Rp.600 juta
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/pad-tata-kota-merosot.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/pad-tata-kota-merosot.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy