$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pendamping Donggo Diduga Tilep Dana KUBE

Miliaran Anggaran Pusat untuk program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima kerap kali tak membuahkan hasil maksimal

Miliaran Anggaran Pusat untuk program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima kerap kali tak membuahkan hasil maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab anggaran tersebut terindikasi sering disalahgunakan. Seperti dilakukan oknum Pendamping Kube Kecamatan Donggo, Ferdiansyah. Oknum diduga mengalihkan uang negara ke rekening pribadi miliknya di PT. Pos dan Giro Bima.

Oknum pendamping asal Desa Doridungga Kecamatan tersebut “menyimpan” uang kerekeningnya senilai Rp.24 Juta lebih. Dana puluhan juta itu diduga hasil pengumpulan dari delapan kelompok Kube yang ada di Kecamatan setempat. Masing-masing kelompok mengumpulkan uang kepada oknum itu berkisar antara Rp.3 hingga Rp.3,3 Juta.

Ferdiansyah yang dikonfirmasi Koran Stabilitas membenarkan dugaan pengalihan uang Negara itu kerening pribadinya. Namun, tidak bermaksud menyalahgunakan, melainkan hanya sebatas mengamankan. Karena, dikhawatirkan bakal disalahgunakan kelompok yang terakomodir dalam program tersebut. “Saya amankan uang itu kerekening pribadi saya di PT.Pos dan Giro Bima. Karena saya takut disalahgunakan kelompok,” akunya.

Pada kesempatan itu, adik kandung Syamsudin pemilik Ponpes Al-Ikhlas yang berlokasi di Desa Doridungga tersebut menceritakan mekanisme pencairan dan kronologis hingga sebagian anggaran itu berada dalam rekening pribadinya. Dijelaskanya, aturan pencairan harus ada tandatangan Ketua dan Bendahara kelompok, didampingi pendamping kube.

“Saat proses pencairan hadir ketua, bendahara dan saya yang mendamping mereka di Bank Syariah yang ada di Kota Bima. Setelah dicairkan, ada kelompok yang menerima Rp.15,7 dan sebagianya lagi ada yang terima Rp. 15,8 Juta. Sehingga, sisa dana yang mestinya diterima Rp.20 Juta perkelompok, saya amankan kerekning pribadi, tapi semua itu ada bukti penerimaan,” terangnya.

Namun anehnya, menjelang berakhirnya Tahun 2014 penggunaan dana pusat itu belum dipertanggungjawabkan. Padahal, anggaran Negara sebesar Rp.160 Juta (Rp.20 Juta dikali delapan kelompok) untuk Kecamatan Donggo tersebut merupakan anggaran Tahun 2013 lalu. Lantas bagaiamana bentuk pertanggungjawaban (LPJ) akhir Dinsos atas penggunaan anggaran tersebut. Sementara, penggunaan anggaran Kube di Kecamatan Donggo hingga saat ini belum di laporkan (LPJ). “Hingga saat ini, penggunaan anggaran Kube khusus Donggo belum di LPJ-kan, saya tidak tahu Kecamatan lain. Alasannya, karena semua kelompok belum selesai membuat laporan dalam kaitan itu,” jelas ferdiasnyah. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pendamping Donggo Diduga Tilep Dana KUBE
Pendamping Donggo Diduga Tilep Dana KUBE
Miliaran Anggaran Pusat untuk program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima kerap kali tak membuahkan hasil maksimal
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/pendamping-donggo-diduga-tilep-dana-kube.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/pendamping-donggo-diduga-tilep-dana-kube.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy