$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Tak Habis, Milyaran APBD Dikembalikan ke Kas Negara

Belasan Milyar APBD Kabupaten Bima Tahun 2014 tidak terbelanjakan. Akibatnya, Anggaran yang tidak bisa dibelanjakan oleh sejumlah SKPD tersebut, terpaksa dikembalikan ke Kas Negara.

Belasan Milyar APBD Kabupaten Bima Tahun 2014 tidak terbelanjakan. Akibatnya, Anggaran yang tidak bisa dibelanjakan oleh sejumlah SKPD tersebut, terpaksa dikembalikan ke Kas Negara. Sebenarnya apa yang terjadi pada sejumlah SKPD di Kabupaten Bima, sehingga banyak anggaran yang tidak bisa dibelanjakan. Apakah perencanaan yang kurang matang, atau memang ada kendala lain. Berikut hasil Investigasi Wartawan Koran Stabilitas, Habibi Abbie Mayu.

Di penghujung tahun 2014 kemarin, Bupati Bima Drs. H.Syafruddin H.M Nur, M.Pd menggelar rapat evaluasi akhir tahun bersama seluruh Kepala SKPD, yang diadakan di Aula Kantor Bupati Bima. Dalam rapat tersebut, Bupati Bima melakukan evaluasi satu persatu terhadap kepala SKPD, terkait kinerja selama satu tahun terakhir.

Dari hasil evaluasi tersebut, ditemukan sejumlah SKPD yang tidak bisa menghabiskan belanja anggaran SKPD yang dialokasikan melalui APBD Tahun 2014. Anggaran yang banyak tersebut sangat disayangkan jika tidak digunakan, karena berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Karena pada saat pembahasan RAPBD, anggaran tersebut dituangkan untuk hajat masyarakat melalui program di masing-masing SKPD. Pembangunan yang direncanakan pemerintah menjadi tertunda lantaran anggaran dikembalikan ke kas Negara.

Dari sejumlah SKPD yang tidak bisa menghabiskan belanja anggaran tahun 2014 itu, antara lain Dinas Dikpora dengan jumlah anggaran yang dikembalikan sebanyak Rp.9 Milyar. Kemudian Tatapem sebesar Rp.3 Milyar, Dinas Pariwisata sebanyak Rp.1.2 Milyar, dan Dinas Pertanian mencapai ratusan juta rupiah.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Candra Kusuma S.Ip yang dikonfirmasi Koran ini Kamis (08/01) diruang kerjanya menjelaskan, adanya sejumlah SKPD yang tidak mampu menghabiskan anggaran tersebut, bukan karena pemerintah sengaja atau kehabisan cara untuk menggunakan anggaran, akan tetapi ada kendala yang memang tidak bisa dihindari, yakni dari pihak ketiga dan SPJ bagi anggaran Khusus Swakelola.

Seperti di Dinas Dikpora, Anggran Rp.9 Milyar yang tidak bisa dihabiskan tersebut, kendalanya dari pihak ketiga (kontraktor) dan SPJ (yang swakelalo). “Untuk Dikpora, kendalanya dari pihak ketiga dan SPJ, karena yang dilihat adalah progress fisik. Kalau Kontraktor belum menyelesaikan seluruh fisik pekerjaan, maka anggaran tidak bisa dicairkan seluruhnya, begitu juga dengan yang Swakelola, kalau SPJnya belum tuntas, maka anggarannya pun tidak bisa cair semua,” jelasnya.

Sementara untuk Dinas Pariwisata, Anggaran Rp.1.2 Milyar yang tidak bisa dibelanjakan tersebut, anggaran untuk pengeboran air yang akan digunakan di Water Park Kalaki. Kendalanya kualifikasi tekhnis dari pihak ketiga, dan waktu. “Sempat ditender, namun karena waktu yang sempit tidak jadi dilaksanakan, dan akan diluncurkan kembali pada APBD tahun 2015,” tutursnya.

Untuk Tatapem, Rp.3 Milyar itu rencananya untuk ganti rugi lahan irigasi di Kecamatan Woha, dan itu belum terlaksana karena kendala negosiasi dengan pemilik lahan. Sementara yang di Dinas Pertanian, ada sekitar seratus lebih juta yang tidak dibenjakan. “Anggaran di Dinas Pertanian, merupakan sisa tender, dan dan akan dikembalikan dalam bentuk silpa,” tandasnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Tak Habis, Milyaran APBD Dikembalikan ke Kas Negara
Tak Habis, Milyaran APBD Dikembalikan ke Kas Negara
Belasan Milyar APBD Kabupaten Bima Tahun 2014 tidak terbelanjakan. Akibatnya, Anggaran yang tidak bisa dibelanjakan oleh sejumlah SKPD tersebut, terpaksa dikembalikan ke Kas Negara.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/tak-habis-milyaran-apbd-dikembalikan-ke.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/tak-habis-milyaran-apbd-dikembalikan-ke.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy