$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kota Bima dan Mataram Penentu Inflasi di NTB

Kota Bima dan Mataram merupakan daerah yang menentukan inflasi di NTB selama beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan hasil kajian ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi NTB, Kota Bima dan Mataram merupakan daerah yang menentukan inflasi di NTB selama beberapa tahun terakhir. Kedua daerah ini menjadi indikator untuk melihat grafik inflasi, karena merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi cukup baik dibandingkan daerah lainnya.

Wartawan dari Bima dan Dompu saat mengikuti sosialisasi perbankan dengan Bank Indonesia NTB
Wartawan dari Bima dan Dompu saat mengikuti sosialisasi perbankan dengan Bank Indonesia NTB

“Salah satu penyebab Kota Bima dan Mataram menentukan inflasi, karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap suatu barang atau komoditas yang tinggi. Namun, mendorong pertumbuhan ekonomi kita dengan tingginya tingkat konsumsi tentu tidak sehat,” kata Prijono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB saat kegiatan sosialisasi bersama wartawan Bima dan Dompu di Hotel Mutmainnah, Sabtu kemarin.

Prijono menjelaskan, khusus di Kota Bima, ada beberapa komoditas yang dianggap mempengaruhi inflasi NTB. Diantaranya yakni, beras, bahan bakar rumah tangga (gas, minyak tanah), tomat sayur, daging ayam dan transportasi udara. Beberapa komoditas tersebut dianggap mempengaruhi inflasi karena tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi dan harganya bergejolak atau fluktuatif saat ini. Selain itu, merupakan komoditas yang diatur harganya oleh pemerintah.

“Bergejolaknya harga komoditas seperti gas sebagai bahan bakar rumah tangga juga bisa dipengaruhi biaya distribusi yang tinggi. Apalagi, saat ini kebutuhan akan gas makin meningkat dan tidak sebanding dengan suplay gas dari pemerintah. Sehingga gas melon menjadi incaran karena murah,” terangnya.

Prijono mengaku, dari gambaran itu, secara umum sektor konsumsi masih menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi di NTB. Disamping sektor investasi dan pertambangan. Selain itu, penyumbang pertumbuhan ekonomi juga dari sektor pertanian, perdagangan, hotel dan restoran. Tiga sektor ini dinilai paling tinggi terhadap pembentukan produk domestik regional bruto (PDRB).

Untuk menjaga agar inflasi pada sektor komsumsi tetap stabil jelasnya, Bank Indonesia turun ke Kota Bima dan membantu mendorong petani meningkatkan produksi komoditas tertentu. Salah satu komoditas yang dibidik yakni, kedelai dan jagung karena dianggap tinggi permintaannya di pasar. “Menekan inflasi, tidak bisa hanya dengan menaikkan suku bunga. Salah salah strategi kita adalah mendukung produksi komoditas seperti ini,” tuturnya.

Namun tambahnya, Bank Indonesia NTB tidak bisa sendiri, tetapi harus bermitra dengan Pemerintah Daerah dan pihak terkait. Seperti melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dibentuk untuk melahirkan regulasi mendukung program tersebut.

Selain Kepala Perwakilan BI NTB, materi lain juga yakni tentang kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) disampaikan Anita Lubis (Staf BI NTB), dan mengenali ciri keaslian rupiah disampaikan Amang (Staf BI NTB). Kegiatan sosialisasi bersama BI itu berlangsung setengah hari di Hotel Mutmainnah Kota Bima. Diikuti puluhan wartawan Bima dan Dompu dari berbagai media cetak dan elektronik. Pelibatan wartawan sebagai peserta sosialisasi diharapkan bisa menjadi corong penyebarluasan informasi tentang tugas dan peran BI. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kota Bima dan Mataram Penentu Inflasi di NTB
Kota Bima dan Mataram Penentu Inflasi di NTB
Kota Bima dan Mataram merupakan daerah yang menentukan inflasi di NTB selama beberapa tahun terakhir.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggR9zz_ll3-zuYTU3WUZF7uJ884FdO6Vh-_OfeekkwZyj8Qxqgt7qOA_Vx735Htonlsop6EAiFqq0pDM-qFTe87zP1sDhz0AnOwTfzc4o0dcVy4hZcfmP6iZBH1yasSd2nRwD8LnMsRfKp/s1600/Wartawan+dari+Bima+dan+Dompu+saat+mengikuti+sosialisasi+perbankan+dengan+Bank+Indonesia+NTB.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggR9zz_ll3-zuYTU3WUZF7uJ884FdO6Vh-_OfeekkwZyj8Qxqgt7qOA_Vx735Htonlsop6EAiFqq0pDM-qFTe87zP1sDhz0AnOwTfzc4o0dcVy4hZcfmP6iZBH1yasSd2nRwD8LnMsRfKp/s72-c/Wartawan+dari+Bima+dan+Dompu+saat+mengikuti+sosialisasi+perbankan+dengan+Bank+Indonesia+NTB.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/kota-bima-dan-mataram-penentu-inflasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/kota-bima-dan-mataram-penentu-inflasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy