$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Sekolah Penentu Kelulusan, Bukan Pusat

Bedanya, jika sebelumnya penentu kelulusan tergantung pusat sesuai standar nilai kelulusan, kini ditentukan oleh Satuan Pendidikan masing-masing.

Pola Ujian Nasional (UN) berikut penentu kelulusan Tahun Ajaran 2015 ini mengalami perubahan dari tahun sebelum. Bedanya, jika sebelumnya penentu kelulusan tergantung pusat sesuai standar nilai kelulusan, kini ditentukan oleh Satuan Pendidikan masing-masing. Hal itu disampaikan Kabid Dikmen Dinas Dikpora Kota Bima, Drs, A.Azis, M.Pd kepada Koran Stabilitas Selasa (17/03) kemarin.

Ilustrasi Ujian Nasional (UN)
Ilustrasi Ujian Nasional (UN)

Perubahan pola UN tahun ini katanya, sesuai dengan Permendiknas nomor 5 tahun 2015 dan Pos Operasional Standar (POS) Tahun 2015 oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). ”Permendiknas Nomor 5 Tahun 2015 tentang kriteria lulusan peserta didik, penyelenggara UN, dan penyelenggara US/Madrasyah/Pendidikan kesetaraan pada SMP atau yang sederajat dan SMA, MA, SMK atau yang sederajat,” ujarnya.

Tak hanya itu yang mengalami perubahan, melainkan juga lokasi penyimpanan soal UN. Tahun sebelumnya lanjut Ajis, soal UN disimpan di Kantor Kepolisian, untuk ujian tahun ini disimpan di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora). Namun, soal ujian itu tetap dari pusat, hanya saja lokasi penyimpananya yang berubah.”Soal UN tahun ini akan disimpan di Dikpora, bukan di kantor Polisi. Tapi, personil polisi tetap akan menjaga selama soal itu berada di kantor tersebut, hingga pelaksanaan ujian berlangsung,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ajis juga menyampaikan jadwal pelaksanaan UN tahun ini, untuk SMP,MTS akan dilaksanakan Bulan Mei 2015. Sedangkan, SMA,MA dan SMK dilaksanakan 13 april. Soal standar nilai kelulusan imbuhnya, akan ditentukan oleh sekolah masing-masing.”InsaAllah dalam waktu dekat ini, sekolah bersama dinas akan menentukan standar nilai kelulusan,” tandasnya.

Ajis berharap,dengan perubahan pola UN tahun ini, persentase kelulusan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Karena sekali lagi jelasnya, penentu kelulusan bukan ditentukan pusat, tetapi oleh satuan pendidikan masing-masing.”Meski demikian, bukan berarti semua peserta ujian lulus semua. Artinya, untuk mewujudkan harapan peningkatan persentase kelulusan sangat bergantung pada semangat dan kemauan keras siswa untuk belajar, termasuk peran serta Sekolah, tenaga pendidik dan orang tua siswa,” pintanya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Sekolah Penentu Kelulusan, Bukan Pusat
Sekolah Penentu Kelulusan, Bukan Pusat
Bedanya, jika sebelumnya penentu kelulusan tergantung pusat sesuai standar nilai kelulusan, kini ditentukan oleh Satuan Pendidikan masing-masing.
http://2.bp.blogspot.com/-v0NcFamNRgM/VPBvtq_jYUI/AAAAAAAAA_g/3hZqrziigMw/s1600/Ilustrasi%2BUjian%2BDinas.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-v0NcFamNRgM/VPBvtq_jYUI/AAAAAAAAA_g/3hZqrziigMw/s72-c/Ilustrasi%2BUjian%2BDinas.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/sekolah-penentu-kelulusan-bukan-pusat.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/sekolah-penentu-kelulusan-bukan-pusat.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy