$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Tahun 2015, 719 Guru Dapat Tunjangan Terpencil

Sebanyak 759 orang guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah terpencil kabupaten Bima, mendapatkan tunjangan terpencil untuk upaya meningkatkan kesejahteraan guru.

Sebanyak 759 orang guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah terpencil kabupaten Bima, mendapatkan tunjangan terpencil untuk upaya meningkatkan kesejahteraan guru. Namun guru yang mendapatkan tunjangan terpencil di Tahun 2015 lebih sedikit dibandingkan pada tahun 2014.

Prioritas pemerintah pusat melalui pemerintah daerah dalam menuntaskan mutu, dan kesejahteran guru adalah agenda yang harus diatasi dengan cepat dan menyeluruh. Senada dengan Pemerintah Kabupaten Bima dibawah kepemimpinan Drs. H. Syafrudin M. Nur, MPd, MM akan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru yang mencukupi agar dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kebutuhan guru menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan sebab mutu penddidikan akan berkembang manakala guru mencukupi kebutuhan hidupnya, salah satu program pemerintah dalam mensejahterakan guru adalah memberikan tunjangan terpencil bagi guru PNS dan Honorer.

Tunjangan terpencil Kabupaten Bima dari tahun ke tahun selalu mengalami pasang surut. Bagaimana tidak jumlah guru yang memperoleh di tahun 2014 sejumlah 1000 orang, sedangkan pada tahun 2015 yang mendapatkan hanya sejumlah 719 orang.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima melalui Kabid KPMP Drs. H. Asrarurudin menjelaskan, tunjangan terpencil bagi guru akan diproses dan dikaji oleh pemerintah pusat sesuai dengan prosedur dan syarat yang berlaku skala bertahap. “masalah tunjangan terpencil guru, yang menentukan segalanya adalah pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah, kita hanya mungusulkan,” jelasnya.

Lanjutnya, syarat sekolah yang dikategorikan sekolah terpencil adalah, sekolah yang jauh yang belum disentuh oleh pembangunan pengaspalan jalan dan Tower jaringan komunikasi, antara lain kecamatan Tambora, Sanggar, Soromandi, Donggo, Madapangga desa Campa, Parado desa Wane dan Lere, Monta dalam, Belo Waduramba, Lambitu, Lambu, Sape poja, Buncu, Wera Pai, Oi Tui, Ntoke, Ambalawi, Mawu dalam dan Sorikalai di Keli dan Talapiti, Langgudu Karampi, Soro Afu, dll. Namun untuk menentukan desa terpencil atau tidak lagi ada kriterianya, dan kriteria itu dari pemerintah setempat.

Tugas dari instansi itu jelasnya, memetakan kembali jumlah sekolah-sekolah yang masuk desa terpencil, termasuk jumlah gurunya. “Guru yang berada di wilayah terpencil wajib mendapatkan tunjangan terpencil dan yang mendapatkannya tergantung valid data guru antara lain NUPTK dan data Dapodik, dan lainn,” tegasnya.

Ditambahkannya, tahun sebelumnya jumlah sekolah SD dan SMP yang masuk dalam desa terpencil, kemungkinan tahun ini, jumlah itu berkurang. Jika ada desa terpencil yang telah dibangun jalan dan mudah dijangkau.

Ia menjelaskan, perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan guru cukup besar terutama guru di desa terpencil, sekarang tinggal guru yang harus meningkatkan kompetensinya. Karena kompetensi guru d daerah itu secara umum masih rendah, terutama guru sertifikasi. Untuk itu, ia berharap, guru di daerah itu punya prinsip bahwa belajar itu seumur hidup.

Diakhir wawancaranya, Drs. H. Asrarurudin mengatakan, bagi guru yang sudah mendapatkan tunjangan terpencil, tidak boleh mendapatkan lagi dana bantuan operasional sekolah (BOS), itu hanya diperuntukan bagi guru sukarela yang dan kebutuhan sekolah lainnya. Dan saya berharap guru agar berlaku adil dalam menggunakan bantuan Dana BOS. “kedepan pihaknya akan memperjuangankan tunjangan terpencil bagi guru yang memenuhi syarat. Dan dia menghimbau kepada selururuh guru tidak lagi mengadu kedewan,” ungkapnya. (KS-18/Kerjasama)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Tahun 2015, 719 Guru Dapat Tunjangan Terpencil
Tahun 2015, 719 Guru Dapat Tunjangan Terpencil
Sebanyak 759 orang guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah terpencil kabupaten Bima, mendapatkan tunjangan terpencil untuk upaya meningkatkan kesejahteraan guru.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/tahun-2015-719-guru-dapat-tunjangan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/tahun-2015-719-guru-dapat-tunjangan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy