$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


KPU Launching Pemilihan Bupati dan Wabup Bima

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Lounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 di Lapangan Desa Panda

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Lounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 di Lapangan Desa Panda, Sabtu (2/5). Kegiatan dihadiri Bupati Bima, Pimpinan DPRD Kabupaten Bima beserta anggota, Panwaslu Kabupaten Bima, Komisioner KPU Provinsi NTB, Pimpinan Partai Politik, Sekda Kabupaten Bima dan pejabat Pemerintah setempat. 

Sekretaris KPU Kabupaten Bima, Aidin H.M.Ali, SH
Sekretaris KPU Kabupaten Bima, Aidin H.M.Ali, SH

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, S.Ip, M.Ip dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan tetap menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan mertabat sebagai penyelenggara Pemilu. Menjalankan kerja – kerja penyelenggara sesuai pedoman aturan. “Ini menjadi momentum untuk kita buktikan bahwa pemilihan langsung merupakan cara terbaik melahirkan Kepala Daerah berkualitas,” ujarnya.

Kata dia, tidak mungkin seluruh kegiatan penyelenggaraan hajatan Demokrasi lima Tahunan itu berjalan dengan baik, jika tidak dukung sepenuhnya oleh semua kalangan. Baik itu dari Panwaslu, Aparat Penegak Hukum, Pemerintah, lebih – lebih masyarakat. Kepada Pemerintah Kabupaten Bima juga disampaikan ucapkan terimakasih, karena telah menyiapkan anggaran pada APBD dan APBD Perubahan sebanyak Rp 18 Miliar untuk terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan tersebut. “Akhir kata, Pilkada Kabupaten Bima yang aman dan sejuk adalah harga mati. Kita adalah Bima yang bermartabat dan cintai damai,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bima, Drs H Syafrudin HM Nur, MPd, MM mengatakan, acara Launching Pemilukada itu begitu penting khususnya bagi KPU sebagai lembaga penyelenggara yang memiliki peran penting dalam demokrasi di Kabupaten Bima. Sebab dalam beberapa waktu ke depan jajaran KPU Kabupaten Bima akan disibukkan dengan sejumlah tahapan Pemilukada. Pasca dimulainya tahapan ini, KPU Kabupaten Bima akan melakukan tahapan pencalonan yang akan dilaksanakan pada 26-28 Juli dan pemilihan akan dilaksanakan pada Tanggal 9 Desember 2015.

Bupati memberikan apresiasi atas pelaksanaan Launching ini. Selaku kepala daerah, dirinya yakin bahwa Ketua KPU Kabupaten Bima, para Komisioner dan Sekteratiat KPU akan mampu melaksanakan seluruh tahapan ini sesuai harapan. "Kita harus memahami bahwa keberhasilan maupun kegagalan penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilukada bukan hanya tanggung jawab KPU tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.

Oleh karena itu Bupati menyampaikan pentingnya dukungan dan koordinasi diantara instansi terkait, baik KPU, Panwas, Pemerintah daerah, aparat keamanan maupun pihak terkait lainnya agar terciptanya suasana yang sejuk, tertib, aman dan terkendali. "Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Bima, saya menyambut baik dimulainya tahapan Pemilukada 2015. Semoga dapat berlangsung tertib, demokratis dan stabilitas tetap terjaga," harap Bupati.

Mengakhiri amanatnya, Bupati menegaskan kembali dukungan pemerintah daerah bagi pendanaan Pemilukada tahun 2015. "Untuk mendukung penyelenggaran Pemilukada, telah dianggarkan Rp.18 Miliar dan jumlah ini dipertimbangkan untuk dilakukan penambahan melalui APBD Perubahan," kata Bupati.

Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris KPU Kabupaten Bima. Aidin, SH,MH dalam laporannya menyampaikan, UU nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilukada mengamanatkan Launching sebagai simbol dimulainya tahapan Pemilukada. Kabupaten Bima sendiri merupakan salah satu dari 269 kabupaten atau kota dan 9 Propinsi se-Indonesia yang akan melaksanakan Pemilukada secara serentak tanggal 9 Desmber 2015 mendatang.

Aidin menambahkan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, tahapan pemilihan penting disosialisasikan kepada semuruh komponen tentang dimulainya tahapan Pemilukada. Mengakhiri laporannya, Sekretaris KPU Kabupaten Bima ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara launching".

Pada kesempatan tersebut, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Propinsi NTB Agus MSi dalam sambutan memaparkan, pihaknya sudah mendapat banyak pelajaran dari Pemilu sejak tahun 2005, 2010 ditambah Pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden. Insya Allah peserta Pemilu sudah dewasa dan akan bisa memberikan ornamen yang menyenangkan dan menyejukkan.

Menurut Agus, Kabupaten Bima merupakan daerah pertama dari 7 kabupaten atau kota di NTB yang melaksanakan Launching Pemilukada. Ini adalah prestasi dan terima kasih atas dukungan Bupati, pimpinan DPRD dan stakeloder Pemilu atas kesiapan Pemilukada di Kabupaten Bima.

Agus menjelaskan, dalam beberapa hal penyelenggaraan Pemilukada tahun 2015 berbeda. Pertama dari sisi struktur organisasi penyelenggaraan dan tanggung jawab secara bersama. Semua keputusan KPU kabupaten atau kota pasti merujuk pada keputusan KPU Pusat, artinya bersifat hirarkis. “Termasuk kaitan dengan Parpol yang bersengketa, di KPU kabupaten atau kota masih menunggu keputusan KPU Pusat," terangnya.

Perbedaanainnya, pada Pemilukada 2015, pengadaan alat peraga kampanye dibiayai oleh APBD sehingga biaya yang dikeluar kan Parpol relatif kecil. Dan yang terakhir, sistem penetapan calon terpilih menggunakan suara terbanyak pada putaran pertama.

Acara launching ditandai pemukulan gong 9 kali dan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Bima, didampingi Ketua DPRD, FKPD, Ketua KPU Kabupaten Bima dan Komisioner KPU Propinsi NTB Agus M.Si. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: KPU Launching Pemilihan Bupati dan Wabup Bima
KPU Launching Pemilihan Bupati dan Wabup Bima
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Lounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 di Lapangan Desa Panda
http://4.bp.blogspot.com/-BtGFIAvrynA/VRfGZeYpeOI/AAAAAAAABP0/Ug-7IAtsCUw/s1600/Sekretaris%2BKPU%2BKabupaten%2BBima%2C%2BAidin%2BH.M.Ali%2C%2BSH.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-BtGFIAvrynA/VRfGZeYpeOI/AAAAAAAABP0/Ug-7IAtsCUw/s72-c/Sekretaris%2BKPU%2BKabupaten%2BBima%2C%2BAidin%2BH.M.Ali%2C%2BSH.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/kpu-launching-pemilihan-bupati-dan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/kpu-launching-pemilihan-bupati-dan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy