$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pasar Modern Kumuh, Jorok, dan Tak Berestetika

Pasar modern kok kumuh, jorok dan tak ada nilai estetikanya. Lihat saja penataannya, rombong dan fasilitas lain milik pedagang ditempatkan secara sembarangan.

Kota Bima, KS. – Keberadaan Pasar Modern yang berlokasi di Amahami Kelurahan Dara Kecamatan Rasana,e Barat Kota Bima kembali disorot. Kali ini, sorotan dan kritikan pedas disampaikan Anggota Dewan Komisi II, H.Armansyah, SE. Bahkan, duta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai keberadaan pasar dimaksud terkesan kumuh, jorok. Sehingga, tak terlihat indah alias tak bernilai estetika.

Pasar Raya Amahami
Pasar Raya Amahami

“Pasar modern kok kumuh, jorok dan tak ada nilai estetikanya. Lihat saja penataannya, rombong dan fasilitas lain milik pedagang ditempatkan secara sembarangan. Padahal, lokasi pasar itu merupakan pintu masuk Kota, saya sebagai rakyat kota sangat malu ketika pintu masuk terlihat kumuh seperti itu. Apalagi, tidak hanya rakyat kota saja yang melewati lokasi itu, tapi dari daerah lain juga, mestinya pemerintah juga malu,” ujar H.Armasyah kepada Koran Stabilitas.

Pemicu hingga muncul kesan dan penilaian semacam itu lanjutnya, karena kesalahan strategi, yang namanya pasar modern atau semi modern perlakuanya beda dengan pasar tradisional. Regulasinya jelas, dibuatkan aturan jelas, karena pengelolaan termasuk kehadirannya yang beda dengan pasar tradisional. Apalagi, menghabiskan Anggaran Negara bernilai besar untuk pembangunan pasar dimaksud.”Lokasi jual beli harus dipertimbangkan dengan matang, penempatan dan penataanya harus teratur. Faktanya, justru terlihat kumuh, jorok, regulasi dan aturanya pun tidak dibuat dengan jelas. Padahal, lokasinya tepat berada di pintu masuk kota,” tandasnya.

Menurut H.Armasyah, dari nilai estetika akibat tidak ditata dengan baik, dinilainya Pemerintah Kota (Pemkot) dianggapnya sudah salah dan itu sangat fatal. Belum lagi pengelolaan, regulasi dan aturan yang disinyalir belum ada. Semestinya, hal semacam ini tidak dipandang sebelah mata, pemkot harus berupaya untuk menjaga estetika yanga diharapkan.”Kalau kelihatanya kumuh, jorok, itu namanya bukan pasar modern tapi pasar hantu. Mana ada pasar modern yang ditata seperti itu, dari segi penataanya saja orang sudah ragu, apakah ini pasar moder,semi modern atau bukan,” tuturnya.

Anggota dewan perwakilan Dapil III Kota itu, menghendaki agar pemerintah mengkaji dan mempertimbangkan kembali lokasi, dibuatkan regulasi, aturan dan pengelolaan pasar tersebut. Termasuk, menyangkut penataan agar memiliki nilai estetika. Karena, pasar modern beda dengan pasar tradisional, perbadaanya mulai dari penataan, hingga pada pengelolaanya.”Semuanya harus jelas, salah satunya pihak pengelola. Itu baru bisa dikatakan pasar modern, tapi kalau seperti itu, sama halnya membuat malu daerah sendiri. Kita tidak usah terlalu tinggi bermimpi, mari berpikir realistik, yang dilakukan dipasar itu saja sudah tidak benar, dan kesalahan yang fatal,” pungkasnya sembari mengaku akan mengusulkan jadwal pemanggilan Diskoperindag ke komisi II DPRD. (KS-Anhar)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pasar Modern Kumuh, Jorok, dan Tak Berestetika
Pasar Modern Kumuh, Jorok, dan Tak Berestetika
Pasar modern kok kumuh, jorok dan tak ada nilai estetikanya. Lihat saja penataannya, rombong dan fasilitas lain milik pedagang ditempatkan secara sembarangan.
http://4.bp.blogspot.com/-BU0yc2spc_o/VdvBJmD3CHI/AAAAAAAACF0/pb924Fva3Jw/s400/Pasar%2BTradisional%2BAmahami.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-BU0yc2spc_o/VdvBJmD3CHI/AAAAAAAACF0/pb924Fva3Jw/s72-c/Pasar%2BTradisional%2BAmahami.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/pasar-modern-kumuh-jorok-dan-tak.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/pasar-modern-kumuh-jorok-dan-tak.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy