$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Dampak Kekeringan, tidak pengaruhi Stok Pangan

Kondisi kekeringan yang terjadi diwilayah Kabupaten dan Kota Buma saat ini tidak berpengaruh pada ketersediaan pangan.

Kota Bima, KS.- Kondisi kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten dan Kota Buma saat ini tidak berpengaruh pada ketersediaan pangan. Bahkan ketersediaan pangan cukup sampai 13 bulan kedepan, dan dapat dipastikan stok pangan akan tetap stabil hingga musim panen mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima Ir. Rendra Farid. Menurut data evaluasi pihaknya, musim kemarau panjang saat ini tidak berdampak buruk pada ketersediaan pangan. Karena di Kabupaten Bima, banyak lahan produktif yang bisa dimanfaatkan warga Petani.

“Kami pastikan Musim kemarau panjang tahun ini, tidak berdampak langsung pada ketersediaan pangan, dan stok pangan tidak mengalami penurunan dan dapat dipastikan akan tetap stabil.” ujar mantan Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura diruang kerjanya, Jumat (9/10).

khususnya beras dan jenis pangan lain seperti jagung, kedelai maupun umbi-umbian, ketersediaannya di Kabupaten Bima masih cukup sampai satu tahun kedepan, belum lagi tambah hasil panen pada musim tanam MH pertama, yang mana petani rata akan menanam padi lahan persawahan.”Stok pangan kita masih cukup, bahkan ada kelebihan stok”tandasnya.

Bahkan analisanya, stok pangan akan bertambah. Alasanya, dalam waktu dekat dibeberapa wilayah akan panen Padi dan beberapa jenis pangan lainnya. “Meski kita mengalami kekeringan, tapi ada dibeberapa wilayah tertentu masih tetap berproduksi,” tandasnya.

Dijelaskannya, produksi pangan di Bima dibanding jumlah penduduk masih tinggi hasil produksi. Data BKKBN, penduduk Kabupaten Bima saat ini 480 ribu, sementara kebutuhan perorang perkapita setiap tahun hanya 118 kg. “Bila dikali hasil produksi, masih surplus dan itu terjadi setiap tahun. Jadi tidak ada sejarah Bima kekurangan pangan,”katanya.

Tidak hanya itu, diwilayah Bima ada lonjakan harga yang berarti seperti daerah lain di Indonesia. Ini menandakan wilayah Bima Stabil dalam urusan pangan. Termasuk harga daging juga tidak berpengaruh, bahkan beberapa waktu lalu harga daging di beberapa wilayah dipulau Jawa naik, namun di Bima tetap Stabil. "Kita harus bangga dengan kondisi kita saat ini, karena lonjakan harga nasional tidak berpengaruh pada wilayah Bima," imbuhnya. (KS-Ryan G)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dampak Kekeringan, tidak pengaruhi Stok Pangan
Dampak Kekeringan, tidak pengaruhi Stok Pangan
Kondisi kekeringan yang terjadi diwilayah Kabupaten dan Kota Buma saat ini tidak berpengaruh pada ketersediaan pangan.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/dampak-kekeringan-tidak-pengaruhi-stok.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/dampak-kekeringan-tidak-pengaruhi-stok.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy