$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Warga Poja Merasa Belum Merdeka

Hingga ke 70 tahun Indonesia merdeka, warga desa Poja Kecamatan Sape merasa belum menikmati kemerdekaan tersebut

Bima, KS.- Hingga ke 70 tahun Indonesia merdeka, warga desa Poja Kecamatan Sape merasa belum menikmati kemerdekaan tersebut. Karena hingga kini warga yang berdomisili dibagian utara Kecamatan Sape itu, masih terbelakang dengan berbagai kemajuan dan hasiul kemerdekaan itu sendiri.

Ilustrasi
Ilustrasi

Warga Poja, hingga kini belum menikmati jaringan Telekomunikasi sepertike banyakan desa desa lainnya yang ada di Kabupaten Bima ataupun NTB secara umum. Padahal untuk menunjukkan bahwa sebuah weilayah itu, dikatakan maju apabila segala fasilitas itu tersedia. Selain jaringan Telekomunikasi, juga akses Transportasi belum memadai, sehingga ,mempersdulit kondisi dan keadaan masyarakat setempat.

Salah seorang Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Poja, Yusran,S.Pd, kepada Wartawan Koran Stabiliutas, beberapa waktu yang lalu, mengungkapkan kesedihananya tergadap kindisi yang dialamai oleh Warga desanya. Ia mengaku sejak jaman kemerdekaan Desa Poja,.Belum mendapat perhatian maksimal dari pemerintah.Hal itu terbukti dengan minimnuya fasilitas yang didapatkan oleh masyarakat. “kita menganggap masyarakat Poja ini belum merdeka, karena akses informasi dan transportasi hingga kini belum dinikmati,”akunya.

Masih menurutnya, Desa Poja memiliki berbagai potensi sumberdaya alam yang tidak kalah dengan Desa atau wilayah pesisir lainnya, bahkan menurut Yusran, Justru Poja memiliki Potensi yang lebih dari sejumlah wilayah di Kabupaten Bima, seperti potensi kelautan, Pertanian, Peternakan dan Pariwisata. “Karena akses transportasi masih rusak dan akses komunikasinya tidak ada sama sekali, maka mengurangi minat orang untuk berkunjung di Poja, padahal potensi wisatanya tidak kalah menarik dari potensi wisata yang ada di Kabupaten Bima,”tuturnya.

Pantauan langsung, Wartawan Koran Stabilitas, Desa Poja memiliki potensi yang menjanjikan, seperti potensi Kelautan dan Pariwisata. Potensi kelautan misalnya, disepanjang pesisir pantai yang menuju Desa itu, terbentang lahan tambak udang Lobster yang dikelola oleh para cukong yang bermodal, artinya Poja memiliki sumber daya laut yang menghasilkan PAD, yang seharusnya dinimakti oleh warga setempat.

Potensi Wisata, dengan keindahan panorama laut Torowamba yang sudah dikenal luas masyarakat, namun hingga kini tidak dikelola maksimal oleh pememrintah melalui dinas terkait. Padahal lokasi tersebut sangat memuingkinkan untuk memperkuata ekonomi masyarakat Desa poja dan sekitarnya.

Belum lagi potensi lainnya, seperti potensi Pertanian dan potensi peternakan, yang mana masyarakat Desa Poja, masih memanfaatkan peralatan tradisional, sehingga pengelolaanya belum maksimal. Lahan pertanian dan peternakan yang dimiliki Desa tersebut cukup luas dan menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Yusran, sebagai salah seorang Wakil Rakyat BPD, mengharapakan kepada pemerintah Kabupaten Bima, untuk memperhatikan dan memanfaatkan potensi yang dimiliki Desa Poja, untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat secara luas. “kalau potensi yang adad ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah, saya kira masyarakat Desa Poja akan merasakan kemerdekaan, tetapi pemerintah hingga saat ini, belum memiliki niat untuk membanguna dan memanfaatkan potensi yang ada,”paparnya. (KS-Mul)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Warga Poja Merasa Belum Merdeka
Warga Poja Merasa Belum Merdeka
Hingga ke 70 tahun Indonesia merdeka, warga desa Poja Kecamatan Sape merasa belum menikmati kemerdekaan tersebut
http://2.bp.blogspot.com/-RO3y23W5Xqk/Ve4x64JlIVI/AAAAAAAACNY/s0D4Ai8UqWc/s400/Ilustrasi%2Bpercakapan%2Blewat%2Btelepon.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-RO3y23W5Xqk/Ve4x64JlIVI/AAAAAAAACNY/s0D4Ai8UqWc/s72-c/Ilustrasi%2Bpercakapan%2Blewat%2Btelepon.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/warga-poja-merasa-belum-merdeka.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/warga-poja-merasa-belum-merdeka.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy