$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


98 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

Si jago merah menunjukkan kebringasannya di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu malam, sedikitnya 98 rumah warga Bajo Tengah, hangus terbakar

Bima, KS.- Si jago merah menunjukkan kebringasannya di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu malam, sedikitnya 98 rumah warga Bajo Tengah, hangus terbakar. Kejadian yang menelan kerugian materi dan korban manusia itu terjadi sekitar pukul 20.30 Waktu setempat. Diduga api yang cepat membesar itu berasal dari generator listrik yang meledak dan merembet ke rumah lain, akibatnya rumah warga desa tersebut ludes dilalap api. “Total 98 rumah terbakar, dan satu orang kritis terbakar terdampak,” kata Rifai , Warga Bajo Tengah kepada wartawan Koran Stabilitas langsung di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP), Rabu Malam (25/11)

Ilustrasi
Ilustrasi

Kondisi geografis dusun Bajo Tengah Desa Bajo Pulau, yang berada di dipulau kecil di Kecamatan sape itu, menyulitkan masyarakat dan aparat untuk membantu memadamkan api, apalagi tidak dapat dilalui oleh mobil pemadam kebakaran yang dapat dijadikan alat bantu memadamkan api saat terjadinya kebaran hebat itu. “Lokasi Dusun Pajo Tengah sangat terisolir dan dikelilingi laut jadi sulit untuk mendatangkan pemadam kebakaran. Bajo tengah berada di 49 kilometer Kota Bima. Untuk menjangkau ke lokasi kebakaran harus menaiki perahu selama 20 menit,”ceritanya.

Peristiwa kebakaran hebat itu, tidak banyak yang dapat diselamatkan, warga hanya mampu menyelamatkan diri dan keluarganya. Barang berharga dan juga binatang ternak yang dimiliki tidak dapat diselamatkan, sehingga dalam peristiwa itu total kerugian yang dialami warga mencapai miliyaran rupiah, belum lagi beban mental dan trauma yang menyelimuti warga, yang selama ini hidup dengan berkecukupan tersebut.

“Kejadian itu, hanya tiga rumah yang tersisa dan masih dikelilingi oleh api, karena tidak ada akses jalan untuk bisa merapat ke tiga rumah itu,”ujarnya pada malam kejadian.

Camat Sape , Muhaimin yang langsung turun dilokasi mengatakan, kebakaran ini tidak bisa dipadamkan karena kesulitan air. “ Warga harus ambil air laut dan berusaha memadamkan sendiri. Namun usaha itu tidak maksimal karena angin laut cukup kencang saat kebakaran terjadi,”tuturnya, saat dimintai komentarnya terkait peristiwa kebakaran itu.

Saat pemadaman berlangsung, kata dia, pihaknya mengalami sedikit kesulitan, pasalnya api yang berkobar sudah sangat besar, dan Cuma bisa dilakukan pemadaman dengan ala kadarnya, sehingga aktifitas pemadaman kalah cepat dengan kobaran api yang tertiup angina laut. “Cuma alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” katanya.

Sementara itu, Yusril alias John, 37 tahun, mengalami luka bakar 80 persen dan saat itu juga dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Bima, saat itu Yusril hendak memadamkan api yang sudah merabah dirumahnya, namun karena tidak adanya alat yang memadai,bukannya memadamkan justru dirinya yang terbakar.

Salah seorang saksi mata Muhdar, mengatakan api muncul sekitar pukul 18.00, melihat kobaran api,warga berbondong-bondong melakukan pemadaman dengan air laut. “Namun usaha yang dilakukan warga tidak mampu menjinakkan api, api terus menggenas dan melulantahkan rumah warga,”tuturnya.

Muhdar juga mengaku, kebakaran itu begitu cepat karena rata rata warga Dusun Bajo tengah mendiami rumah panggung yang mudah terbakar. ”Saat itu tidak banyak yang kami dapat beerbuat, kami hanya bisa berusaha sekemampuan kami, dan rumah saya pun ikut terbakar,”tuturnya.

Muhdar menambahkan , istrinya Sunarti nyaris saja terbakar karena tidak ada jalan keluara untuk secepatnya lari menyelamatkan diri. “Beruntungnya ada warga lain yang mampu mendobrak api dan menyelamatkan istri saya, dan barang barang yang ada diatas rumah tidak dapat kami selamatkan, semuanya ikut terbakar,” ujar Muhdar yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan itu.

Muhdar pingsan setelah melihat rumahnya hangus terbakar dan mendengar istri dan anak anaknya sedang menangis. Warga langsung membawa ke tempat yang lebih aman. Hingga saat ini, tim Inafis Kepolisian Resort Kota Bima, sedang ke lokasi untuk menidentifikasi penyebab kebakaran.(KS-An)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: 98 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah
98 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah
Si jago merah menunjukkan kebringasannya di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu malam, sedikitnya 98 rumah warga Bajo Tengah, hangus terbakar
http://4.bp.blogspot.com/-Z2mSPXke-D4/VFhMkpH0NYI/AAAAAAAAAdU/qV5hQ4aBUKg/s400/ilustrasi-kebakaran.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-Z2mSPXke-D4/VFhMkpH0NYI/AAAAAAAAAdU/qV5hQ4aBUKg/s72-c/ilustrasi-kebakaran.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/98-rumah-ludes-dilalap-si-jago-merah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/98-rumah-ludes-dilalap-si-jago-merah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy