$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Empat Persen Anggaran DDA Disetorkan Ke PU

DDA, akan dimintai biaya sebanyak 4 persen, dan itu harus disetorkan ke Dinas PU

Bima, KS.- Keluhan dari sejumlah Desa yang ada di Kecamatan Wera terkait dengan adanya permintaan pembayaran Gambar oleh dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima, bagi sejumlah desa yang mendapata anggaran Dana Desa dari APBN atau DDA. Meskipun Dinas PU sebagai Dinas yang dipercayakan untuk membuat gambar desain setiap proyek yang dibiayai oleh DDA tersebut mendapatkan anggaran, namun yang dikeluhkan oleh sejumlah kades tersebut adalah cara pembayarannya yang diminta sebelum adanya pencairan.

Pembayaran gambar tersebut menurut sejumlah kades sebesar 2 persen dari total anggaran DDA, dan 2 persen lagi untuk anggaran pengawasan. “ Total anggaran yang diminta oleh Dinas PU itu, sebesar 4 persen, dan itu harus dibayarkan apabila mengambil gambar meskipun anggarannya belum dicairkan,”tutur bendahara Desa Mandala Nasaruddin, kepada Wartawan Korasn Stabilitas, Senin (23/11).

Selain Desa Mandala, hal yang sama juga dikeluhkan oleh Kepala Desa Sangiang M Saleh, sejumlah aitem proyek yang dikerjakan di desanya dengan pembiayaan dari DDA, akan dimintai biaya sebanyak 4 persen, dan itu harus disetorkan ke Dinas PU. “ kami harus menyetorkan anggaran sebanyak 2 persen saat mengambil gambar dan 2 persen lagi ketika adanya pengawasan oleh dinas PU. Dan yang aneh anggaran itu diminta meskipun dananya belum cair,”kelunya.

Kepala Desa Wora H Ramli, juga mengakui hal itu, bahkan ia mengaku sudah membayarkan 2 persennya saat dirinya mengambil gambar. “ Bahkan sebanyak 4 persen dari total anggaran fisik, 2 persen untuk perencanaan dan 2 pesrsen untuk pengawasan, selain dibebankan dengan pembayaran gambar dan biaya pengawasan seluruh desa juga dibebankan untuk pembayaran pajak dari total anggaran yang diterima,”akunya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Mardiana, saat di konfirmasi tentang besaran jumlah yang sengaja di alokasikan oleh pemerintah untuk pengerjaan fisik di 191 Desa yang ada seluruh kabupaten Bima mengatakan belum dihitung, karena belum di rekap jumlah anggaran yang khusus pengerjaan fisik,” kalau totalnya kami belum tau, karena belum di pisah antara fisik yang memerlukan gambar dengan yang tidak menggunakan gambar,”jelasnya.

Disinggung adanya pembayaran ke Dinas PU sebesar 4 persen, Mardiana membenarkan, karena sesuai dengan aturan PU yang disampaikan saat rapat koordinasi dengan BPMDes, menurutnya bukan 4 persen akan tetapi 8 persen, ” Sebenarnya bukan 4 persen yang diperuntukkan bagi Dinas PU, tapi 8 persen sesuai dengan ketentuan kementerian Pekerjaan Umum, karena Desa mempunyai rencana kegiatan pemberdayaan, makanya hanya 4 persen saja,”jelasnya. (KS-Uki)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Empat Persen Anggaran DDA Disetorkan Ke PU
Empat Persen Anggaran DDA Disetorkan Ke PU
DDA, akan dimintai biaya sebanyak 4 persen, dan itu harus disetorkan ke Dinas PU
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/empat-persen-anggaran-dda-disetorkan-ke.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/empat-persen-anggaran-dda-disetorkan-ke.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy