$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Isu Fee Proyek Pengadaan Bawang Merah Rp.500 Juta Hingga Rp.2,5 Milyar

Proyek pengadaan bibit bawang merah senilai Rp.18 Milyar di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispertapa) Tahun 2015, diduga kuat terjadi kejahatan korupsi.

Bima, KS.- Proyek pengadaan bibit bawang merah senilai Rp.18 Milyar di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispertapa) Tahun 2015, diduga kuat terjadi kejahatan korupsi. Pihak Kepolisian pun tengah melakukan penyilidikan kasus itu, bahkan beberapa saksi telah diambil keterangan, sebagai bukti awal penyidik Tipikor Polres Kabupaten Bima, merespon laporan masyarakat, atas dugaan kejahatan yang merugikan Negara Milyaran Rupiah itu.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

Menurut salah seorang sumber terpercaya Koran Stabilitas, proyek yang sumber dananya dari APBN di tender di LPSE Setda Kabupaten Bima. Taufik, ST,MT sebagai Ketua Panitia LPSE yang menender proyek itu. Alhasil, bagaimana proses tender itu berlangsung, public tidak mengetahui secara pasti, namun UD. Sinta sebagai perusahaan pemenang tender.”Saya tidak tahu, berapa perusahaan yang ikut tender proyek itu kemarin, tapi tiba-tiba UD Sinta diumumkan sebagai pemenangnya,” kata Sumber ini seraya mengaku pernah didatangi oleh oknum pejabat dan pihak tertentu untuk menawarkan pekerjaan proyek tersebut, dengan meminta Fee proyek senilai Rp.1-2 Milyar.

Sumber tersebut menolak pekerjaan itu, karena pemerintaan fee terlalu banyak. Entah bagaimana ceritanya proyek itu dimenangkan oleh UD Sinta. Namun faktanya, proyek itu pernah ditawarkan ke dirinya.”Saya tidak mau terima proyek itu, karena permintaan fee nya terlalu berlebihan,”pungkasnya.

Karenanya, sumber meminta kepada wartawan untuk menanyakan hal itu ke pihak pelelangan, terutama Ketua Panitia tender, terkait berapa banyak peserta tender proyek waktu itu, dan berapa porsen pemotongan dari pagu dana yang disediakan.”Lebih jelasnya, silahkan tanya ke pa Taufik selaku Ketua Panitia LPSE Setda Kabupaten Bima,” sarannya.

Ketua Panitia LPSE Kabupaten Bima, Taufik,ST,MT yang dimintai tanggapannya, terkait tender proyek bawang tersebut, selasa kemarin menegaskan, saat tender waktu itu terdapat dua perusahaan yang ikut. UD. Sinta salah satu peserta memotong pagu dana tender sekitar Rp.500Juta, sehingga total anggaran yang menjadi kontrak kerja dengan pihak UD. Sinta, sekitar Rp.17 Milyar.”Dana Rp.17 Milyar itu, selain untuk beli bibit bawang, juga untuk membeli obat-obatan,”cetusnya.

Ketika ditanya pendapatnya, atas penanganan polisi kasus pengadaan bawang merah tersebut ?. Taufik menegaskan, jika pihak kepolisian melihat ada unsur pelanggaran pidananya, maka itu kewenangan dan kewajiban pihak kepolisian.”Saya tidak masalah kalau proyek itu ditangani polisi. silahkan saja, selama ada unsur pelanggaran pidananya,” pungkasnya.

Bagaimana dengan isu permintaan fee proyek tersebut dari angka Rp.500Juta hingga Rp.2,5Milyar ?. Taufik mengaku tidak mengetahui hal itu.”Saya tidak soal permintaan fee dan lainnya. Tugas saya bersama anggota LPSE hanya sebatas menender proyek itu, sedangkan mengenai pekerjaan di lapangan menjadi tanggungjawab pihak kontraktor dan dinas terkait,”tegasnya.KS-001)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Isu Fee Proyek Pengadaan Bawang Merah Rp.500 Juta Hingga Rp.2,5 Milyar
Isu Fee Proyek Pengadaan Bawang Merah Rp.500 Juta Hingga Rp.2,5 Milyar
Proyek pengadaan bibit bawang merah senilai Rp.18 Milyar di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispertapa) Tahun 2015, diduga kuat terjadi kejahatan korupsi.
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s1600/Ilustrasi%2BBawang.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/isu-fee-proyek-pengadaan-bawang-merah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/isu-fee-proyek-pengadaan-bawang-merah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy