$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kader Gerindra Pertanyakan Dana Parpol

Dana pembinaan Partai Politik (Parpol) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II Kota Bima, dikelola oleh masing-masing partai politik yang memiliki keterwakilan di DPRD Kota Bima

Kota Bima, KS.- Dana pembinaan Partai Politik (Parpol) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II Kota Bima, dikelola oleh masing-masing partai politik yang memiliki keterwakilan di DPRD Kota Bima. Dan jatah masing-masing parpol tergantung banyaknya kursi dan perolehan suarah sah saat Pemilihan Legislatif (Pileg), makin banyak keterwakilan di DPRD makin banyak pula alokasi anggaran pembinaan untuk Parpol tersebut.

Pengelolaan keuangan oleh Parpol, harus disesuaikan dengan item yang ditentukan, agar amanat tersebut berjalan sesuai dengan tujuan digelontorkannya anggaran tersebut. Apalagi ada keinginan untuk membelanjakannya diluar ketentuan dengan menggunakan untuk kepentingan pribadi pengurus atau ketua Parpol. Seperti adanya dugaan penyalahgunaan dana pembinaan parpol ditubuh partai Gerindra Kota Bima yang memunculkan pertanyaan dari sejumlah kader partai.

Salah seorang kader Gerindra yang juga salah seorang ketua PAC Rasanae Barat, Herman kepada Koran Stabilitas Sabtu (9/1) mempertanyakan penggunaan Dana Parpol Gerindra yang nilainya cukup fantastis yaitu lebih dari Rp 100 juta oleh ketua DPC Partai Gerindra. Menurut Herman, Ketua DPC Gerindra Sukirman dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran tersebut dinilainya tidak transparan dan tidak dikoordinasikan dengan pengurus partai.“Sudah dua periode penggunaan anggaran parpol tidak dijelaskan dan dikoordinasikan dengan pengurus partai, jadi saya sebagai kader partai menilai ketua DPC tidak transparan menggunakan anggaran itu,”ujarnya Sabtu lalu.

Dikatakannya selama ini, pengunaan dana parpol tidak pernah melibatkan pengurus lainnya, padahal dalam aitem penggunaannya dana tersebut tecantum hak hak PAC sebagai bentuk pembinaan kader ke bawah. Namun hal itu tidak pernah dilakukan oleh ketua DPC sehingga dana tersebut hanya dimanfaatkan sendiri oleh ketua DPC dan mengenyampingkan hak hak yang lainnya. “Saya sebagai kader Gerindra malu punya ketua yang DPC yang tidak memperhatikan kader dibawah dan hanya mementingkan kepentingan pribadi. Padahal Partai Gerindra dikenal sebagai partai yang besih dan juga sistim komando, tetapi penerapan oleh ketua DPC jauh dari harapan partai,”tuturnya.

“Untuk itu, saya sebagai kader dan mewakili kader yang lainnya, meminta kepada ketua DPC Gerindra Kota Bima, Sukirman untuk mengundurkan diri sebelum persoalan mencuat dan memalukan partai.”tambahnya.

Sementara itu, ketua DPC Gerindra Kota Bima, Sukirman yang dimintai tanggapannya melalui Hand Phonnya, Sabtu (9/1) membantah apa yang dikemukakan salah s eorang kadernya Herman. Menurutnya pernyataan Herman identic dengan ketidak puasannya secara pribadi, karena apa yang dikatakannya itu semuanya tidak benar. “Herman juga bukan ketua atau pengurus PAC, wajar kalau dia tidak tahu apa yang dilakukan partai selama ini. Kalau memang dia itu ketua PAC suruh tunjukkan SKnya, jadi saya minta kepadea herman agar tidak asal bunyi (asbun) ”bantah Sukirman balik menuding herman asbun.

Dijelaskannya Sukirman, sebagai ketua Partai dan dengan kondisi politik saat ini, dirinya selalu diundang ke DPP untuk berbagai persoalan, dan menurutnya dalam setahun bisa sampai 20 kali keluar daerah baik ke DPP maupun ke DPD II. “Biaya perjalanan dinas itu semuanya dari anggaran itu, karena itu kepentingan partai bukan kepentingan pribadi saya,”akunya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kader Gerindra Pertanyakan Dana Parpol
Kader Gerindra Pertanyakan Dana Parpol
Dana pembinaan Partai Politik (Parpol) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II Kota Bima, dikelola oleh masing-masing partai politik yang memiliki keterwakilan di DPRD Kota Bima
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kader-gerindra-pertanyakan-dana-parpol.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kader-gerindra-pertanyakan-dana-parpol.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy