$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kekeringan Melanda Bima | Petani dan Pengusaha Bakal Merugi

Berita soal kekeringan yang dialami hampir seluruh Daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Bima, sepertinya bakal menjadi musibah besar bagi para Petani.

Bima, KS.Berita soal kekeringan yang dialami hampir seluruh Daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Bima, sepertinya bakal menjadi musibah besar bagi para Petani. Namun, kerugian akibat kekeringan itu, bukan saja dialami petani tapi juga pengusaha. Sebab, petani juga pengusaha ibarat dua mata rantai yang sulit dipisahkan, saling membutuhkan, susah senang, untung atau bahkan harus menderita kerugian sekalipun menjadi resiko dan tanggungan bersama.

Salah seorang Pengusaha di Kota Bima, Gede kepada Koran Stabilitas mengatakan, petani dan pengusaha merupakan mitra sejati, jika petani mengalami kerugian, otomotis pengusaha pun menderita nasib yang sama. Masalahnya, barang dipasarkan pengusaha merupakan hasil panen petani.” Kalau tidak ada dari petani, sudah pasti tidak ada barang pertanian yang kami pasarkan. Jadi, yang rugi akibat kekeringan bukan hanya petani, tapi juga pengusaha. Petani rugi karena gagal panen, pengusaha rugi lantaran tidak ada barang dagangan,” ujar, Gede Kamis (21/01) kemarin.

Nasib petani lanjutnya, sangat bergantung pada cuaca alam. Apabila, terjadi musim kemarau panjang dalam setahun, dapat dipastikan petani terancam gagal panen. Pemicunya, karena para petani mengalami kesulitan mendapatkan air sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi tanaman pertanian. Dampak dari gagal panen, bukan saja dialami petani, pengusaha tapi bahkan akan berpengaruh besar pada kurangnya ketersediaan bahan pangan hingga bahkan akanmemperhambat perekonomian suatu Negara.”Resikonya sangat besar, jadi masalah kekeringan jangan dianggap sepele. Ini masalah besar, serius. Karenanya, harus secepatnya dicarikan solusi untuk mengatasi persoalan tersebut,” tuturnya.

Jika persoalan ini tidak secepatnya dicarikan jalan keluar sebutnya, dikhawatirkan akan menimbulkan gejolak yang lebih besar. Salah satunya, masalah kemiskinan, kelaparan karena kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok bakal terjadi dimana-mana. Untuk itu imbuhnya, semua pihak yang ada baik pemerintah maupun semua elemen masyarakat secara bersama-sama mencarikan jalan keluar untuk mengatasi persoalan tersebut.

”Yang paling penting saat ini, yakni apa dan bagaimana caranya mengatasi masalah. Bukan duduk diam, merenungi, apalagi sampai menyalahkan alam. Karena, musibah bukan karena alam, melainkan atas dan karena ulah kita sendiri,” terangnya seraya berharap agar cuaca alam seperti ini tidak berlarut-larut hingga mengakibatkan petani mengalami gagal panen. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kekeringan Melanda Bima | Petani dan Pengusaha Bakal Merugi
Kekeringan Melanda Bima | Petani dan Pengusaha Bakal Merugi
Berita soal kekeringan yang dialami hampir seluruh Daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Bima, sepertinya bakal menjadi musibah besar bagi para Petani.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kekeringan-melanda-bima-petani-dan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kekeringan-melanda-bima-petani-dan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy