$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kabupaten Bima Menjadi Pemasok Utama Bawang Nasional

Bupati mendukung sepenuhnya upaya Kementerian Pertanian menjadikan Kabupaten Bima sebagai penyangga pangan nasional.

Bima, KS.- Kunjungan kerja Direktoral Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian RI DR.Ir.Spudnik Sujono, MM untuk melihat dari dekat komoditi bawang merah dan bawang putih di sentra produksi kecamatan Monta dan Woha Jumat (26/2). Saat itu Dirjen Holtikultura itu menegaskan kembali peran Kabupaten Bima sebagai pamasok bawang nasional.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

Usai peninjauan lapangan, Dirjen Hortikultura yang didampingi Direktur Budidaya dan Pasca panen sayuran dan tanaman obat DR.Ir Yanuardi, M.M dan beberapa tenaga fungsional Kementerian Pertanian mengadakan tatap muka dan silaturahmi dengan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri Jumat malam (26/2) di BBA Doro belo.

Dalam suasana yang santai dan penuh kekeluargaan tersebut, Bupati Bima yang didampingi Asisten I, II dan III Setda, Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kepala Bappeda dan para pejabat eselon III dan eselon IV pada Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bima.

Bupati dalam pengantar singkatnya memberikan apresiasi atas komitmen dan dukungan penuh Kementerian Pertanian bagi pengembangan komoditi bawang. Bupati Bima menyampaikan terima kasih atas dukungan yang cukup besar dari Kementrian Pertanian RI untuk mengembangkan bidang pertanian di Kabupaten Bima khususnya komoditi bawang merah.

"Kami akan menjaga kepercayaan pemerintah pusat dengan bekerja sebaik-baiknya memajukan bidang pertanian sebagai penyangga ekonomi nasional," ujarnya.

Dirjen Hortikultura Dr.Spudnik menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan dan berharap agar Bupati mendukung sepenuhnya upaya Kementerian Pertanian menjadikan Kabupaten Bima sebagai penyangga pangan nasional.

Berkaitan dengan besarnya dukungan pemerintah ini Menteri Pertanian melalui Dirjen Sputnik meminta dukungan pemerintah daerah dan petani untuk menyukseskan program ini karena Kabupaten Bima dinilai mampu mendukung kebutuhan stok tanaman pangan dan hortikultura nasional. "Apabila pemerintah dan para petani sudah berkomitmen serta tidak banyak gangguan, Insya Allah Kementerian pertanian juga akan sepenuhnya (all out) mengalokasikan anggaran," janjinya.

Sebelumnya Dirjen Hortikultura dan rombongan yang didampingi Kadis Pertanian TP melakukan peninjauan langsung ke areal produksi bawang di Kecamatan Monta pada areal tanam seluas 300 ha di Rontu. Dari kecamatan Monta, Dirjen yang didampingi Kadis pertanian menuju areal penanaman bawang di Desa Keli dan Desa Tenga seluas 80 ha.

"Bawang yang ditanam pada akhir bulan Desember dan awal Januari di Kabupaten Bima berkisar 500 hingga 600 hektar yang diperkirakan akan panen pada bulan Maret mendatang. Selain bawang merah, bawang putih juga mendapat alokasi anggaran yang cukup besar untuk di kembangkan agar mendukung stok dan kebutuhan nasional,"ungkapnya.

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bima lr. Muhammad Tayeb berharap, proses pengiriman bawang tersebut dapat dilakukan melalui jalur resmi dan bisa dipertanggungjawabkan agar terhindar dari para spekulan. "Pada tahun 2016 ini Kabupaten Bima mendapatkan alokasi anggaran Rp. 250,54 miliar. Jumlah ini merupakan alokasi terbesar yang pernah diterima oleh daerah diseluruh Indonesia. dari angka tersebut, alokasi untuk prasarana dan sarana pertanian (PSP) seperti kegiatan cetak sawah, alat dan produksi pertanian serta pupuk mencapai Rp. 104,69 miliar. Selanjutnya, bantuan pada bidang tanaman pangan (TP) untuk mendukung padi, jagung dan palawija mendapat alokasi Rp. 83,87 miliar, serta bidang hortikultura untuk meningkatkan produksi komoditi bawang dan sayur sayuran mendapatkan anggaran sebesar Rp. 61,88 miliar". Terang Tayeb.

Tayeb menambahkan, tidak semua daerah peodusen mendapatkan alokasi dana sebesar ini. Di Indonesia, hanya Kabupaten Bima yang mendapatkan alokasi anggaran tertinggi. Oleh karena itu Ditjen berharap kepercayaan pemerintah dapat jaga dengan peningkatan kinerja bidang pertanian. "Untuk mendukung stabilitas harga komoditi bawang di tingkat pusat, Dirjen berharap agar pada bulan Puasa mendatang, harus tersedia stok bawang dari Kabupaten Bima yang cukup untuk memenuhi stok induk di Jakarta,”paparnya.

Untuk memenuhi harapan pemerintah, Kabupaten Bima harus mampu berjuang keras untuk mendukung agar bawang merah dan bawang putih memenuhi kebutuhan nasional dan Bupati Bima telah berkomitmen untuk mendukung semua program pemerintah tersebut. Pertemuan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Bupati Bima kepada Dirjen Hortikultura.(KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kabupaten Bima Menjadi Pemasok Utama Bawang Nasional
Kabupaten Bima Menjadi Pemasok Utama Bawang Nasional
Bupati mendukung sepenuhnya upaya Kementerian Pertanian menjadikan Kabupaten Bima sebagai penyangga pangan nasional.
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s1600/Ilustrasi%2BBawang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/03/kabupaten-bima-menjadi-pemasok-utama.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/03/kabupaten-bima-menjadi-pemasok-utama.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy