$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Dewan Minta Bupati Perhatikan Wirausaha

Menurutnya, selain membuka lapangan kerja baru, pemerintah harus memperhatikan masyarakat yang menggeluti bidang wirausaha, terutama sekali UMKM.

Bima, KS.- Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Bima, membuat anggota DPRD Kabupaten Bima duta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ilham Yusuf turut prihatin. Dirinya meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima yang baru ini untuk mencarikan solusinya. Menurutnya, selain membuka lapangan kerja baru, pemerintah harus memperhatikan masyarakat yang menggeluti bidang wirausaha, terutama sekali UMKM.

Karena menurutnya, selama ini, yang menjadi wirausaha sukses di Bima adalah pendatang, sementara masyakat Bima sendiri menjadi penonton alias pengangguran. “Itu dikarenakan kurangnya perhatian pemerintah dalam memberikan modal usaha kepada masyarakat. Karena selain kurangnya keterampilan, masyarakat juga tidak memiliki modal usaha,”terangnya.

Lanjut Ilham, pemerintah daerah harus benar-benar memperhatikan para wirausaha, dengan pemberian modal yang sesuai dengan kondisi saat ini. “ Dalam APBD Kabupaten Bima tahun 2015 ini, dana hibah untuk kelompok usaha hanya Rp.600 juta saja, untuk dibagikan ke 18 Kecamatan. Jumlah itu tidak akan cukup untuk masyarakat membangun usaha. Sebab, jika hanya diberi modal Rp.1 juta masyarakat mau usaha apa?,” sorotnya.

Kedepan dirinya meminta agar anggaran untuk modal usaha untuk kelompok usaha ditambah, sehingga masyarakat bisa membangun dan mengembangkan usahanya. Sehingga angka pengangguran akan menurun dengan sendirinya. “ Satu hal yang paling penting, setelah diberikan bantuan modal usaha, baik itu berupa modal maupun alat usaha, pemerintah wajib mengevaluasi kembali bantuan tersebut, agar bisa diketahui programnya sukses atau tidak,” pintanya.

Dirinya menyarankan agar pemberi bantuan mengecek atau mengevaluasi kembali bantuan yang diberikan kepada masyarakat, lantaran selama ini ada banyak masyarakat yang nakal, dengan membuat proposal untuk mendapatkan bantuan, sementara mereka tidak punya usaha. Atau setelah diberikan bantuan tidak menjalankan usaha. “ Contohnya, bantuan alat perbengkelan atau handtraktor, itu kebanyakan diberikan kepada yang bukan pekerja bengkel dan petani. Kemudian, ada pula bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat yang sudah memiliki peralatan tersebut, sehingga pada saat menerima bantuan mereka tidak menggunakannya, tetapi menjualnya ke orang lain,” bebernya.

Hal semacam itu perlu dilakukan pengecekan kembali oleh dinas terkait, sebab ada pula yang menerima bantuan yang sama pada setiap tahunnya lantaran punya kenalan orang di dinas, sehingga mudah mendapatkab bantuan. “Pemerintah harus selektif dan melakukan survey sebelum memberikan bantuan, jangan sampai salah sasaran, sehingga program tidak berjalan sesuai harapan,” tukasnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dewan Minta Bupati Perhatikan Wirausaha
Dewan Minta Bupati Perhatikan Wirausaha
Menurutnya, selain membuka lapangan kerja baru, pemerintah harus memperhatikan masyarakat yang menggeluti bidang wirausaha, terutama sekali UMKM.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/04/dewan-minta-bupati-perhatikan-wirausaha.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/04/dewan-minta-bupati-perhatikan-wirausaha.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy