$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Proyek Bawang Merah Berpotensi Kecurangan

Proyek yang menghabiskan anggaran Negara bernilai fantastik untuk pengadaan Bibit Bawang Merah di Kabupaten Bima disebut berpotensi terjadinya praktek kecurangan.

Bima, KS.- Proyek yang menghabiskan anggaran Negara bernilai fantastik untuk pengadaan Bibit Bawang Merah di Kabupaten Bima disebut berpotensi terjadinya praktek kecurangan. Namun bukan menyangkut proses tender, tapi lebih karena dugaan permainan harga pembelian bibit dengan harga Pasaran. Masalahnya, harga Penawaran dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) teridentifikasi Rp.35 Ribu Rupiah per Kg. Sementara, harga yang tengah berlaku di pasaran berkisar antara Rp.20 ribu hingga Rp.25 ribu per kg.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

Dugaan kecurangan itu diungkap salah seorang Penangkar bibit bawang merah kepada Koran Stabilitas belum lama ini. Dikatakanya, apabila harga penawaran dalam RAB sebesar itu,maka terjadi perbedaan harga yang cukup besar. Karena, harga yang berlaku di pasaran saat ini maksimal Rp.25 ribu,bahkan turun hingga Rp.20 ribu per kg."Dari harga saja, keuntungan pihak perusahaan pemenang tender hampir mencapai 50 persen dari total dana," ujar Sumber yang enggan namanya dikorankan itu.

Sumber membeberkan, indikasi kecurangan dengan memainkan harga pada proyek yang menghabiskan uang Rakyat tersebut tercium ketika proyek itu belum menuai kejelasan sampai di Bulan Juli 2016 ini. Buktinya, documen kontrak kerja diduga kuat belum ditandatangani oleh Dinas Pertanian,Tanaman Pangan dan Holticultura (Dispertapa) Sementara, persediaan bibit bawang merah di daerah kabupaten bima saat ini hampir habis."Kalaupun ada, itu hanya di Kecamatan tertentu, seperti di Sape dan Soromandi. Itupun, sulit didapat," bebernya.

Jadi lanjutnya, kelangkaan stok bibit bawang merah disinyalir menjadi celah untuk memainkan harga. Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan membeli bibit dari luar daerah bima dengan dalih kehabisan stok bawang di bima.Padahal salah satu tujuan pemerintah pusat menganggarkan dana miliaran rupiah itu,tidak hanya menguntungkan pihak pengusaha. Tapi juga untuk seluruh masyarakat tani bawang merah yang ada."Saya khawatir persoalan ini akan merugikan petani termasuk kualitas bawang merah di daerah kita. Terjamin nggak, kualitas bibit yang diambil dari luar" tandasnya.

Karena itu, sumber dengan tegas meminta agar proyek tersebut segera diperjelas, kapan dimulai dan termasuk menyangkut perusahaan pemenang tender proyek tersebut. Jangan sampai sebutnya, kesan keterlambatan ini berakibat fatal buat masyarakat tani dan daerah."Segera perjelas soal proyek tersebut, informasikan kepada publik sebagai bentuk keterbukaan, siapa dan darimana perusahaan pemenang tender, pelaksanaanya kapan, kontrak kerja, total anggaran dan harga pembelian yang tercantum dalam RAB. Saya yakin,itu bukan bagian daripada Rahasia Negara," pintanya.

Bagaimana tanggapan Dispertapa terkait peorsoalan itu, Kepala Dispertapa, Ir.M.Tayeb melalui Sekretaris, H.Sumarno kepada wartawan koran ini Sabtu (23/07), enggan memberikan komentar terkait proyek tersebut.Karena, bukan tugas dan kewenanganya. Tapi diakuinya,kemungkinan besar kontrak kerja proyek itu belum ditandatangani."Kontrak kerjanya mungkin belum ditandatangi oleh kadis, kalau sudah maka proyek itu sudah mulai berjalan.Tapi menanggapi soal itu bukan kewenangan saya," akunya.

Disinggung soal kehabisan stok bawang merah,sementara sampai saat ini proyek itu belum juga dimulai. Mantan Kepala Bidang (Kabid) di dinas itu mengaku, itu tak jadi soal. Karena, bibit bawang merah bisa-bisa saja dibeli dari luar daerah."Kalau persediaan bawang merah di bima habis, ya solusinya membeli bibit dari luar daerah.Saya rasa itu tidak masalah," pungkasnya. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Proyek Bawang Merah Berpotensi Kecurangan
Proyek Bawang Merah Berpotensi Kecurangan
Proyek yang menghabiskan anggaran Negara bernilai fantastik untuk pengadaan Bibit Bawang Merah di Kabupaten Bima disebut berpotensi terjadinya praktek kecurangan.
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s1600/Ilustrasi%2BBawang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/proyek-bawang-merah-berpotensi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/proyek-bawang-merah-berpotensi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy