$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Wakil Bupati Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi

Bima, KS. - Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer menghadiri Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakornas VII TPI...

Bima, KS.- Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer menghadiri Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakornas VII TPID 2016) yang berlangsung di Puri Agung Hotel Grand Sahid Jakarta, Kamis (4/8), Rakornas tahun ini  mengangkat tema, "Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah Guna Mempercepat Pertumbuhan Infrastruktur”.

Kata Dahlan, forum ini dipimpin langsung  Presiden RI.Ir. H. Joko Widodo dan didampingi oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Menteri Koordinator Perekonomian, Mendagri dan Menkeu.

“Forum ini merupakan upaya untuk mencari solusi bersama atas berbagai permasalahan dan tantangan stablitas harga yang dihadapi di daerah,” ujar Presiden seperti yang dikutip oleh Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer.

Dahlan menjelaskan, inflasi merupakan aspek penting yang perlu menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Sebab, lanjut mantan birokrat di jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini, pencapaian inflasi yang rendah merupakan salah satu prasyarat utama pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

Dahlan mencatat, pada sesi pembahasan perkembangan terkini dan pengendalian inflasi di provinsi NTB merilis hasil Rakornas, pada bulan Juli 2016, sambung Dahlan, laju inflasi tercatat 1,07%.

“Angka ini relatif tidak berubah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatatkan inflasi 1,08% dan Inflasi di NTB berada di atas nasional  sebesar 0,69%. Sementara, inflasi tahunan NTB mencapai angka 4,79%  dengan mengacu pada dua kota yaitu Kota Mataram 4,42% dan Kota Bima 6,26%,” jelasnya.

Ia menambahkan, inflasi di bulan Juli 2016 didominasi oleh komoditas transportasi dan bahan makanan, dan berdasarkan pantauan harga hingga Minggu I bulan Agustus 2016, tekanan inflasi diperkirakan bersumber dari gejolak harga pada komoditas hortikultura seperti aneka cabai dan bawang merah yang termasuk kategori komoditas yang memiliki fluktuasi harga sangat tinggi (volatile food).

"Untuk membawa daerah ke arah yang lebih maju, maka harus mengendalikan inflasi. Solusi yang diperlukan bagi pengendalian inflasi di NTB dalam jangka pendek antara lain, perlu pembenahan tataniaga terkait arus komoditas yang keluar masuk daerah, membangun kerjasama antar daerah untuk pemenuhan kebutuhan dalam daerah dan adanya kajian pemenuhan kebutuhan teknologi untuk pertanian," urai Dahlan.

Ia menambahkan, dukungan dari pemerintah pusat amat penting dalam hal pembangunan infrastruktur dan teknologi bagi peningkatan produktivitas pangan dan adanya fasilitasi kerjasama antar daerah dengan provinsi lain.

“Pemerintah daerah akan segera menindaklanjuti hasil Rakornas ini dengan menggelar rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah," tegas Dahlan.

Kegiatan itu dihadiri oleh 24 Kementerian/lembaga negara, 34 Gubernur, 425 Bupati/walikota dan 45 Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia. (KS-08/HUM)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Wakil Bupati Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi
Wakil Bupati Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/wakil-bupati-hadiri-rakornas.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/wakil-bupati-hadiri-rakornas.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy