$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kisah Hidup Pak Tua Penjual Es Campur | Kerja Keras Demi Keluarga dan Pendidikan Empat Anak

Bima, KS.- Kisah hidup Sutarman, Pak Tua berusia 70 Tahun memang menyedihkan, terkadang lebih banyak duka dibanding suka. Dukanya, ketika h...

Bima, KS.- Kisah hidup Sutarman, Pak Tua berusia 70 Tahun memang menyedihkan, terkadang lebih banyak duka dibanding suka. Dukanya, ketika harus menjalani hidup di daerah orang sejak memutuskan untuk mengadu nasib di Bima.Ditambah lagi, beban kebutuhan hidup istri dan anaknya. Bebannya kian bertambah, karena selain memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, juga harus mencari uang untuk bayar kontrakan.

Tapi, pengalamannya selama 40 tahun menekuni usaha menjual es campur dapat dijadikan pelajaran penting sebagai bekal hidup bagi orang banyak. Betapa tidak, usaha yang berawal dari modal kecil dan keuntungan relatif kecil, ia mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan membiayai pendidikan empat orang Anaknya. Berkat kerja kerasnya yang tak mengenal lelah, ia bahkan sukses mewujudkan mimpi besar putra pertamanya menjadi Anggota Polisi."Setelah sekian lama menjalani usaha ini, beragam rintangan, dan cobaan mampu saya lewati. Kuncinya, tekun, ikhlas, berusaha,dan berdo,a. Hasilnya, seperti yang saya dapat saat ini, empat anak saya sudah berhasil," kata Sutarman.

Bagi Sutarman, menekuni pekerjaan ini tentu sangat melelahkan.Namun, demi keluarga dan pendidikan anak-anak adalah hal terpenting dalam hidupnya. Pak tua yang sudah memiliki beberapa orang cucu itu tidak ingin keempat anaknya bernasib sama seperti dirinya yang tidak mengenyam pendidikan tinggi. Terbukti, walaupun berada dalam kondisi keuangan yang terbatas ternyata Sutarman mampu mewujudkan mimpinya. Selain, menjadikan anak pertamanya sebagai polisi, tiga buah hatinya juga sudah memiliki pekerjaan bahkan semua sudah berkeluarga.

"Berkat usaha ini, Alhamdulillah saya mampu memenuhi kebutuhan hidup sekaligus biaya sekolah empat anak hingga selesai. Mereka kini sudah pada menikah, utang saya sama Allah SWT pun sudah lunas," ujarnya kepada Wartawan Koran Stabilitas.

Ia menceritakan, pekerjaan sebagai penjual es campur ini sudah dia tekuni sejak Tahun 1968 silam. Namun, selama pekerjaan itu ditekuni tidak menetap disatu tempat,berpindah dari tempat satu ketempat lain.Sehari-hari penghasilan Sutarman memang sangat pas-pasan. Dari hasil berjualan es campur tersebut, setiap harinya Sutarman hanya mampu menyisihkan sebagian kecil dari keuntungan yang didapat."Uang itu saya pergunakan baik-baik, untuk kebutuhan harian dan yang utama untuk pendidikan anak-anak saya," katanya.

Beruntunglah keempat anaknya sudah sejak kecil terbiasa hidup prihatin dan berhemat. Keduanya selalu menyisihkan uang saku mereka yang tidak seberapa."Harapan saya suatu saat nanti mereka berhasil menjadi orang sukses dan mengangkat derajat orangtuanya," pungkasnya.(AR - 02)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1312,Hukum Kriminal,1861,Kesehatan,264,Korupsi,618,Olahraga,148,Opini,50,Pemerintahan,1348,Pendidikan,715,Politik,1047,Sosial Ekonomi,2358,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kisah Hidup Pak Tua Penjual Es Campur | Kerja Keras Demi Keluarga dan Pendidikan Empat Anak
Kisah Hidup Pak Tua Penjual Es Campur | Kerja Keras Demi Keluarga dan Pendidikan Empat Anak
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/kisah-hidup-pak-tua-penjual-es-campur.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/kisah-hidup-pak-tua-penjual-es-campur.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy