$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Warga Soromandi Berlomba-Lomba Beli Bibit Jagung

Kendati Pemerintah Kabupate Bima melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hotli Kultura (Dispertapa) telah membagi bibit jagung untuk kebu...

Kendati Pemerintah Kabupate Bima melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hotli Kultura (Dispertapa) telah membagi bibit jagung untuk kebutuhan lahan 30Ribu Hektar yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bima, namun petani tetap memilih untuk membeli sendiri bibit jagung, karena bibit jagung yang dibagi oleh pemerintah dianggap tidak layak di tanam, bahkan fisik bibit yang dibagi pemerintah nyaris membusuk.

Ilustrasi

BIMA, KS.- Petani yang saat ini memilih membeli sendiri bibit jagung di Soromandi hampir semua Desa, terutama petani di Desa Punti, Desa Wadukopa, Desa Sowa, Sai juga Sampungu. Masalahnya, semua bibit yang hendak dibagi oleh Ketua kelompok tani di Soromandi kemarin, tak satupun petani yang mau menerimanya.

“Memang banyak bibit jagung yang dibagi kemarin oleh kelompok tani, tapi kualitas bibit yang tidak layak ditanam, sehingga oleh petani menolak semua bibit tersebut, dan meminta agar pemerintah segera menggantikan bibit jagung tersebut, dengan faritas Bisi 18 atau yang bermutu tinggi, sementara bibit yang dibagi kemarin itu adalah bibit yang dipastikan akan merugikan petani nantinya,” kata Kades Punti Sumardin saat di tanya soal isu penolakan bibit jagung oleh warganya itu.

Kades juga mengaku, bahwa peningkatan penggarapan lahan tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, meski harga bibit jagung sedikit mahal yaitu berkisar sekitar Rp1,5Juta untuk satu dus bagi bibit bisi 18, sementara bibit faritas lain dibawah harga bisi 18. Namun, bagi petani di Desa Punti, rata-rata mimilih bisi 18, sedangkan bibit jenis lain tidak terlalu banyak yang menanam.

“Kalau untuk bibit yang dibagi, tidak satupun petani yang tanam di Desa Punti. Petani lebih memilih beli ulang bibit lain, dengan meminjam uang di Bank melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti di Bank BRI, Bank NTB dan bank swasta lainnya,” kata Kades.

Senada juga disampaikan Kades Sowa, Aidin, S.Pd. Kades vocal ini mengakui bahwa banyak warganya yang membeli sendiri bibit jagung, meski kemarin ada bibit yang dibagi oleh pemerintah. Petani tidak mau menerima bibit yang dibagi pemerintah, karena dianggap busuk dan tidak layak untuk ditanam.”Semoga saja pemerintah tidak terulang lagi memberikan bibit yang ditolak oleh petani seperti tahun ini,” harapnya.

Kades mengaku bahwa hampir 90 semua warnya menanam jagung, dengan jumlah lahan yang begitu banyak. Tahun kemarin kata Kades, ada banyak petani yang mendapatkan uang puluhan bahkan diatas seratus juta, satu kali panen jagung.”Nah, merasa beruntung di tahun kemarin, tentu tahun ini akan lebih banyak lagi warga yang tanam jagung, bahkan luas lahan semakin diperluas lagi oleh warga,” tandasnya.(KS-R01)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1369,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,281,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1363,Pendidikan,716,Politik,1068,Sosial Ekonomi,2375,
ltr
item
Koran Stabilitas: Warga Soromandi Berlomba-Lomba Beli Bibit Jagung
Warga Soromandi Berlomba-Lomba Beli Bibit Jagung
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s1600/Tanaman%2BJagung.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s72-c/Tanaman%2BJagung.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/11/warga-soromandi-berlomba-lomba-beli.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/11/warga-soromandi-berlomba-lomba-beli.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy