$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jaksa Lidik Dugaan Korupsi Rp.3,7 Milyar di Dinas Perkim

Institusi Kejaksaan Negeri Raba Bima saat ini tengah melidik kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh jajaran oknum pegawai dan pejabat di D...

Institusi Kejaksaan Negeri Raba Bima saat ini tengah melidik kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh jajaran oknum pegawai dan pejabat di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperumkim) Kabupaten Bima, terkait program pembangunan sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) komunal senilai Rp.3,7Milyar di Tahun Anggaran 2017 kemarin.

Ilustrasi

BIMA, KS.- Sekedar diketahui oleh public bahwa Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kempera, Agus Sumargianto pernah menyampaikan bahwa program pembangunan MCK komunal telah dilaksanakan sejak 2013, dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat.

Kegiatan tersebut mengacu pada amanat Undang-Undang No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perpres Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional Tahun 2010-2014. Dimana Kemenpera mempunyai tugas menangani perumahan dan permukiman kumuh.

Pada 2013, MCK Komunal yang telah dibangun oleh Kemenpera berjumlah 694 unit, sedangkan usulan pembangunan MCK Komunal pada tahun 2014 mencapai 1.900 unit. Kempera saat ini sedang melakukan verifikasi di lapangan apakah usulan yang masuk telah sesuai kriteria yang ditetapkan serta disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

“MCK komunal yang dibangun juga dilengkapi dengan sarana pompa air bersih dan penerangan listrik dengan menggunakan solar cell atau tenaga matahari,” kata Agus di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana dengan Kabupaten Bima yang mendapat kepercayaan dari Pemerintah pusat untuk 19 Desa dengan alokasi anggaran perdesa senilai Rp.195Juta ?. Salah seorang aktivis anti korupsi Bima, Delian Lubis,SH mengaku telah melaporkan kasus dugaan korupsi program kegiatan MCK Komunal senilai lebih kurang Rp.3,7 Milyar tesebut ke Kejaksaan Negeri Raba Bima, dan saat ini tengah dilidik secara serius oleh pihak Kejaksaan setempat, dengan jaksa yang ditunjuk M.Reza,SH,MH bersama kawan-kawannya.

“Kasus itu sudah ditangani oleh jaksa. Sudah berkali-kali jaksa turun ke lokasi melakukan pemeriksaan MCK yang dibangun oleh kelompok masyarakat,” tutur Lubis.

Lubis juga menilai bahwa kegiatan MKC Komunal ini diduga kuat adanya penyimpangan penggunaan anggaran oleh oknum pegawai dan pejabat di Dinas setempat, kendali uang itu beralasan dicairkan melalui rekening kelompok masyarakat.”Saya merasa yakin kasus ini akan terungkap tindak pidana kejahatan yang merugikan Negara ke depannya,” kata Lubis.

Sementara jaksa Reza,MH yang hendak dikonfirmasi melalui ponselnya belum bisa dihubungi. Sedangkan Kajari Bima, Widargo MP juga mengaku tidak mengetahui adanya kasus tersebut, bahkan belum memberikan perintah kepada jaksa untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait MCK Komunal.

“Saya belum dapat laporan dari jaksa soal itu. Saya baru tahu sekarang ketika wartawan melakukan konfirmasi soal itu ke saya,” kata Kajari saat dihubungi via ponselnya Minggu sore kemarin.(KS-Sub)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1368,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,279,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1363,Pendidikan,716,Politik,1067,Sosial Ekonomi,2373,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jaksa Lidik Dugaan Korupsi Rp.3,7 Milyar di Dinas Perkim
Jaksa Lidik Dugaan Korupsi Rp.3,7 Milyar di Dinas Perkim
https://4.bp.blogspot.com/-8YvC7iKxpPo/U_mVMypZD4I/AAAAAAAAASY/5Ehg6gCTRz4/s640/ilustrasi-sidang-di-pengadilan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8YvC7iKxpPo/U_mVMypZD4I/AAAAAAAAASY/5Ehg6gCTRz4/s72-c/ilustrasi-sidang-di-pengadilan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/04/jaksa-lidik-dugaan-korupsi-rp37-milyar.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/04/jaksa-lidik-dugaan-korupsi-rp37-milyar.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy