$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Perang Lawan Sampah, DLH Sisir Jantung Kota

Sampah menjadi momok menakutkan terhadap kebersihan dan keindahan sebuah daerah, termasuk yang dirasakan Kota Bima. Daerah dengan penduduk t...

Sampah menjadi momok menakutkan terhadap kebersihan dan keindahan sebuah daerah, termasuk yang dirasakan Kota Bima. Daerah dengan penduduk tidak kurang dari 200 ribu jiwa ini, sudah bisa dibayangkan berrapa tumpukan sampah yang dihasilkan saban harinya. Berbagai programpun sudah dicoba, tetapi tidak juga membuat sampah dapat terurai dengan baik. Melalui Kadis baru, Dinas Lingkungan Hidup, menerjemahkan kerja, kerja dan kerja perangi sampah. Nyaris seluruh jantung kota disisir. Berikut catatannya.


Kota Bima,KS- Potret menarik selama dua pekan terkahir ini ditunjukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima. Dinas yang satu diantara fungsinya memenegemen sampah di wilayah Kota Bima itu, mulai menunjukan jati dirinya sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki pasukan kuning yang setiap saat dengan setia membersihkan setiap jengkal tanah yang terlihat kotor dan bau disepanjang jantung Kota Bima.

Lewat dedikasi dan kerja tanpa banyak teori yang diperlihatkan Kadis DLH, Drs H Alwi Yasin MAP yang baru dilantik beberapa waktu lalu, sebagai pemangku kewenangan untuk menangani lingkungan utamanya sampah di Kota Bima, langsung menggebrak dengan berbagai kerja nyata.

Pantauan media ini, nyaris di seluruh sudut dan jantung Kota Bima dan sejumlah lokasi strategis yang tentu tidak luput dari pandnagan banyak mata, tumpukan sampah yang ada digerus dan dibersihkan tanpa kompromi.

Bermodalkan satu alat berat yakni mini wheel loader dan sejumlah armada truk sampah serta puluhan tenaga kebersihan yang ada, Alwi dibantu Kabid Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3, turun langsung dan berbaur dengan seluruh rekan kerja di DLH, mengeruk, membersihan dan mengangkat sampah yang menumpuk di ruas jalan dan sudut-sdut kota yang strategis.

Lokasi yang disisir sejak pekan kemarin, yakni di sepanjang jalan Gajah Mada, jalan depan Masjid Agung Al-Muwahidin, seputaran Lapangan Pahlawan Raba. Lalu Senin kemarin, menggerus sampah ddan tanah yang menumpuk disepanjang ruas jalan mulai dari batas Kota hingga Lawata dan Amahami. Hari inipun meski jelang hari Raya Idul Fitri besok, DLH terus bekerja dan bekerja. Lokasi yang disisir yakni di Pasar Amahami, Lapangan Serasuba bekas Pasar Ramadhan.

Terobosan apa yang dimaksudkan DLH ?, Kadis Alwi Yasin, hanya mengungkap niat dan tujuan menjadikan Kota Bima bersih dari sampah atau minimal sampah yang diproukdi baik rumahan maupun ditempat umum, dapat dikurangi potret penumpukannya.
“Tidak banyak program yang ingin diwujukan selama menjadi Kadis. Saya hanya berniat ikhlas sesuai jabatan yang dipercayakan pada saya, Kota Bima lebih bersih. Karena program mataroa satu interprestasinya, besih dari sampah,”ujarnya merendah.

Kota bersih kata mantan Asisten III ini, dapat diwujudkan jika masyarakat dan pemerintah serta seluruh elemen sadar dan memiliki tanggungjawab yang sama dalam membersihkan lingkungan masing-masing. Oleh karenanya kedepan, akan dibiasakan setiap Selasa dan Jum’at, seluruh OPD dan sekolah serta masyarakat wajib memberisihkan lingkungan sekitar maisng-masing.
“Jika ini dilakukan maka yakinlah sampah akan terurai dan dapat diminimalisir agar tidak sembarangan terbuang bukan pada tempatnya,”jelas Alwi.

Nah, untuk mengurai sampah yang ada, pihaknya dalam APBD Perubahan, akan memasukan mata anggaran pengadaan alat berat dan lainya, agar usaha membersihkan dan mengangkut sampah dapat lebih maksimal.
“kita juga bekerja sama dengan Dinas PUPR kaitan dengan pengangkutan sampah. Karena yang memiliki alat dan armada untuk membantu pemberisihan sampah adalah dinas tersebut,”terangnya.

Kedepan pula, tambahnya, disetiap Kecamatan akan disiapkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Hal itu dimaksudkan, agar mobiliasai pengangkutan sampah tidak langsung bermuara di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Armada roda tiga yang ada di masing-masing kelurahan, katanya, diharapkan akan mampu mengangkut sampah bukan hanya sekali, lebih dari tiga kali. Karena lokasi pembuangannya denkat dan terjangkau.(KS-Aris)



COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1025,Hukum Kriminal,1768,Kesehatan,220,Korupsi,613,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1247,Pendidikan,711,Politik,970,Sosial Ekonomi,2233,
ltr
item
Koran Stabilitas: Perang Lawan Sampah, DLH Sisir Jantung Kota
Perang Lawan Sampah, DLH Sisir Jantung Kota
https://1.bp.blogspot.com/-0tsrbVg58E4/XPXbnqc7XdI/AAAAAAAAHXM/NGrH9072giQ4JojH-hA7bIUKqJbnfMHDQCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-06-04%2Bat%2B9.35.16%2BAM.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-0tsrbVg58E4/XPXbnqc7XdI/AAAAAAAAHXM/NGrH9072giQ4JojH-hA7bIUKqJbnfMHDQCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-06-04%2Bat%2B9.35.16%2BAM.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2019/06/perang-lawan-sampah-dlh-sisir-jantung.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2019/06/perang-lawan-sampah-dlh-sisir-jantung.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy