$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Ratusan Warga Sanggar-Tambora Turun Aksi | Gugat Pencabutan Ijin HGU PT Sanggar Agro

Bima,KS.- Jika suara dan teriakan dan air mata sudah tidak terdengar lagi, mungkin nasib dan derita mesti disampaiakan lewat aksi turun ke j...

Bima,KS.-Jika suara dan teriakan dan air mata sudah tidak terdengar lagi, mungkin nasib dan derita mesti disampaiakan lewat aksi turun ke jalan.


Kata-kata gugahan heroik diatas, sepertinya bermakna slogan perlawanan bagi warga di wilayah Sanggar dan Tambora, ikut menyuarakan derita yang dialami warga Oi Katupa Tambora yang hingga kini masih luntan lantung nasibnya di negeri sendiri akibat penguasaan hingga perampasan tanah serta air yang dilakukan PT Sanggar Agro Karya Persada (SAKP) pemilik Hak Guna Usaha di tanah keramat Tambora.


Buktinya, ratusan masyarakat asal dua Kecamatan yakni Tambora dan Sanggar yang menamakan diri, Aliansi Rakyat Sanggar Tambora Peduli Katupa Bersatu, Rabu (29/7) menngelar aksi di Kantor Camat Sanggar.

Ratusan massa aksi yang dikoordinir Jiad Uhaq selaku Korlap, dengan lantang meneriakan, mendesak DPRD Kabupaten Bima sebagai representasi keterwakilan suara dan hati nurani rakyat,  untuk membentuk Pansus tentang kegiatan PT Sanggar Agro Karya yang diduga dan dinilai mereka, telah merusak lahan jambu mente serta menggusur dan merampas air sebagai penting kehidupan warga di Desa Oi Katupa Kecamatan Tambora. 

“Kami mendesak DPRD untuk segera membentuk Pansus terkait kejahatan kemanusiaan yang diduga dilakukan oleh Pemda Bima, BPN dan PT Sangggar Agro,"teriak Jiad Ulhaq saat berorasi di Depan kantor Camat Sanggar.

Tidak itu saja, ratusan warga gabungan dua kecamatan di kaki gunung Tambora itu, meminta para wakil rakyat untuk mendampingi warga Oi Katupa yang selama ini jadi korban PT Sanggar Agro yang menggusur dan merampas lahan serta sumber air bagi kehidupan warga Oi Katupa hingga ke pihak berwajib sesuai undang-undang yang berlaku.

"Kami mendesak lembaga legislatif untuk bersama-sama mendampingi para korban melaporkan segala perbuatan melanggar hukum baik yang dilakukan oleh Pemda Bima, BPN dan pihak Perusahaan PT Sanggar Agro Karya Persada kepada pihak yang berwajib sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku," desak Jiad. 

Saat menyampaikan orasinya pula, Korlap Jiad Ulhaq, mendesak Pemerintah Daerah yang dipimpin Bupati Indah Damayanti Puteri (IDP) serta pihak legislatif, segera menghentikan kegiatan PT Sanggar Agro yang sudah merugikan warga Desa Oi Katupa. 

"Segera menghentikan segala aktifitas yang dilakukan oleh Perusahaan PT Sanggar Agro Karya Persada," tegasnya. 

Atas perampasan dan penggusuran lahan yang dilakukan PT Sanggar Agro, m,assa aksi meminta pada Pemda Bima memerintahkan Perusahaan yang bergerak di bahan baku minyak kayu putih itu, mengganti kerugian dan atau membayar kerugian Warga Desa Oi Katupa. 

Diujung aksinya, massa aksi mendesak Pemda dan BPN Kabupaten Bima untuk bersama -sama mengajukan pencabutan Izin HGU PT Sanggar Agro kepada Kementerian Agraria/ATR RI karena telah melakukan banyak perbuatan melanggar hukum dan kejahatan kemanusian.(RED)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Ratusan Warga Sanggar-Tambora Turun Aksi | Gugat Pencabutan Ijin HGU PT Sanggar Agro
Ratusan Warga Sanggar-Tambora Turun Aksi | Gugat Pencabutan Ijin HGU PT Sanggar Agro
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlONCyLhEUw4fMkO3-CRZ4JmtPaWLtFTQXi0QQmKZtOS1zBxi5ISVmNINjrs1UJL0dFpyY6SLzVEw1pcfRnMjy18faW0c1JlGs3S6XJHe6wBAN7vzYBWfT6VbbGy65HHhEPVDkmdswsN24/w400-h300/IMG-20200729-WA0017.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlONCyLhEUw4fMkO3-CRZ4JmtPaWLtFTQXi0QQmKZtOS1zBxi5ISVmNINjrs1UJL0dFpyY6SLzVEw1pcfRnMjy18faW0c1JlGs3S6XJHe6wBAN7vzYBWfT6VbbGy65HHhEPVDkmdswsN24/s72-w400-c-h300/IMG-20200729-WA0017.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2020/07/ratusan-warga-sanggar-tambora-turun.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2020/07/ratusan-warga-sanggar-tambora-turun.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy