$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Mobil Keliling Dukcapil Segera Beroperasi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, menyiapkan satu Unit Mobil Pelayanan Keliling.

Perhatian pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, semakin ditingkatkan. Buktinya, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, dalam mengurus dokumen dan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, menyiapkan satu Unit Mobil Pelayanan Keliling.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima Drs. Andi Sirajudin AP MM mengaku, akan segera mengoperasikan mobil pelayanan keliling. Mobil itu akan melayani pembuatan dokumen kependudukan masyarakat yang ada di pelosok desa. Dengan demikian, warga yang berada jauh dari pusat kota, tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil untuk mengurus sejumlah dokumen tersebut. “Warga tidak perlu datang jauh-jauh, justeru kita yang akan datangi mereka. Pelayanan itu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama menghemat biaya,” ujarnya.

Menurut dia, dokumen kependudukan itu akan langsung dibuat secara online melalui mobil tersebut. Sebab, mobil yang dioperasikan itu bukan jenis mobil biasa. Tetapi dilengkapi dengan alat dan fasilitas pembuat dokumen kependudukan. “Mobil itu juga dilengkapi dengan jaringan internet,” terangnya.

Dikatakannya, mobil tersebut akan diopersikan mulai pertengahan April mendatang. Sementara ini kendaraan sakti itu sedang dimodifikasi di PT Piala Mas Malang. “Saya sudah lihat kondisi mobilnya, Alhamdulillah sekitar 90 persen selesai dimodif,” katanya.

Lanjutnya, pengadaan mobil itu bersumber dari APBD II Kabupaten Bima, sedangkan untuk alat dan perlengkapan lainnya merupakan bantuan dari IPDA Australia. Sehingga sebelum diserahkan ke Kabupaten Bima Tanggal 5 atau 6 April mendatang, terlebih dahulu akan dilakukan serah terima antara PT Piala Mas Malang ke IPDA Australia. “Sekitar Tanggal 5 atau 6 April mobil itu sudah ada di tangan kita,” akunya.

Berdasarkan intruksi Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM.Nur, M.Pd, sekitar tanggal 10 atau 11 April akan melakukan lounching pengoperasia mobil tersebut. Hanya saja, lokasi untuk lounching itu belum dipastikan. “Apakah di Lambu, Sape, Wera atau bagian Kae, kita belum putuskan. Kita tunggu intruksi dari Bupati,” sebutnya.

Kata dia, dikarunianya mobil canggih itu merupakan keberuntungan tersendiri bagi Kabupaten Bima. Pasalnya, yang memiliki mobil pelayanan keliling seperti itu baru Kabupaten Bhima saja di NTB. “Tahun 2015 ini, baru kita yang memiliki mobil itu,” ujarnya dengan harapan adanya mobil tersebut, masyarakat Kabupaten Bima khususnya di bagian pelosok merasa terbantu. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Mobil Keliling Dukcapil Segera Beroperasi
Mobil Keliling Dukcapil Segera Beroperasi
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, menyiapkan satu Unit Mobil Pelayanan Keliling.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/mobil-keliling-dukcapil-segera.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/mobil-keliling-dukcapil-segera.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy