$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Oknum Kepsek Diduga Tilep Bos dan BSM

Kali ini, terjadi lewat dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Tahun Anggaran (TA) 2015 dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun 2016

Bima, KS. – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima lagi-lagi diterpa dugaan kejahatan memperkaya diri dana tau kelompok tertentu. Kali ini, terjadi lewat dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Tahun Anggaran (TA) 2015 dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun 2016. Praktek tak mendidik yang terjadi di dunia pendidikan tersebut diduga kuat melibatkan, Kalisom, S.Pdi Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Inpres Simpasai I Kecamatan Monta.Benarkah?
Dugaan itu terungkap ketika kondisi sekolah selama kepemimpinan yang bersangkutan sebagai kepsek nyaris tidak mengalami perubahan.Justru sebaliknya semakin memprihatinkan. Pemicunya, karena dana bos disinyalir tidak jelas peruntukanya. Padahal, terdapat pos-pos penggunaan untuk dana bantuan pemerintah pusat dimaksud. Salah satunya, untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut.”Dana bos senilai puluhan juta rupiah diduga telah disalahgunakan oleh kepsek itu. Jadi, wajar saja kalau kondisi sekolah semakin terpuruk dan memprihatinkan. Pemicunya, karena uang untuk beberapa pos bos masuk kantong oknum kepsek tersebut,” ungkap Nurdin, AR kepada Koran Stabilitas di Halaman Kantor dikpora.

Nurdin selaku warga Desa Simpasai membeberkan, beberapa pos anggaran yang diduga tidak jelas arah penggunaanya. Antara lain, biaya pengembangan Perpustakaan Rp.3 Juta per triwulan, perawatan sekolah Rp.3 hingga Rp.4 juta, anggaran untuk kegiatan Extrakurikuler Rp.4 sampai Rp.5 juta pertriwulan. Termasuk, Rp.3 juta untuk membantu biaya pendidikan bagi sejumlah siswa yang tergolong ekonomi tidak mampu (miskin).”Bayangkan saja, berapa keuntungan oknum itu setiap pencairan dana bos. Itu baru dari bos, belum BSM,” duganya.

Dugaan serupa pun terjadi lewat dana yang diperuntukan untuk 101 siswa miskin (BSM). Hanya saja lanjutnya, dana BSM diduga telah terjadi penarikan puluhan ribu rupiah per siswa penerima dana bantuan tersebut.”Informasi yang saya peroleh dari dalam sekolah itu, diduga kepsek menarik kembali uang puluhan ribu kepada masing-masing siswa miskin,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Ia mendesak dikpora untuk segera mengambil tindakan tegas atas dugaan penyalahgunaan dana bantuan dari pemerintah tersebut. Sebab, praktek tak terpuji hingga berimbas pada kondisi sekolah yang saban hari kian memprihatinkan itu, bukan saja lewat dana bos. Tapi, juga melalui dana bantuan bagi ratusan siswa miskin.”Segera panggil oknum kepsek itu, tindak tegas agar praktek semacam itu tidak kembali terulang di lain waktu.Kalau dibiarkan, saya khawatir hal itu juga akan terulang di sekolah-sekolah lain yang di kabupaten,” tegasnya.

Menanggapi dugaan itu, Kepala Seksi (Kasi), Radiaturrahman yang dikonfirmasi Koran Stabilitas mengaku sudah mendapat informasi seputar dugaan kejahatan yang terjadi di SDN itu. Mantan bendahara senior di dinas itu pun berjanji akanmemanggi kepsek dimaksud.”Kami akan panggil kepsek itu, karena apapun dalihnya anggaran itu mesti digunakan sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak-juknis),” teganya. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1620,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1271,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Oknum Kepsek Diduga Tilep Bos dan BSM
Oknum Kepsek Diduga Tilep Bos dan BSM
Kali ini, terjadi lewat dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Tahun Anggaran (TA) 2015 dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun 2016
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/05/oknum-kepsek-diduga-tilep-bos-dan-bsm.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/05/oknum-kepsek-diduga-tilep-bos-dan-bsm.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy