$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Ahmad TR Menyampaikan Tabliq Akbar di Acara Deklarasi

Kota Bima, KS. -  Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. DR. Ahmad Thib Raya, MA didaulat memimpin Tab...

Kota Bima, KS.-  Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. DR. Ahmad Thib Raya, MA didaulat memimpin Tabliq Akbar pada upacara Deklarasi Anti Radikalisme dan Terorisme di Lapangan Merdeka (Serasuba), Selasa (19/7). Guru besar yang berasal dari Kecamatan Parado Kabupaten Bima itu mengupas dan menjelaskan tentang bahaya laten radikalisme dan terorisme.

“Radikalisme dan terorisme harus disingkirkan secara bersama-sama. Masyarakat harus bersatu-padu, masyarakat dan  pemerintah harus melawan keyakinan yang salah ini. Dua paham dan keyakinan ini jelas menjadi ancaman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” lelaki yang lahir di Bima, 21 April 1955 itu .

Menurutnya, upacara deklarasi anti radikalisme dan terorisme sangat penting bagi pembangunan persatuan masyarakat khususnya di Bima yang disebut-sebut sebagai zona merah. Kata dia, sebutan zona merah merupakan simbol yang harus diwaspadai. Ia pun menggarisbawahi, zona merah yang dimaksudkan bukan berarti semua orang di Bima adalah radikal dan teroris.

“Untuk itu, sebutan Bima sebagai zona merah dimana tempat berkembangannya faham radikalisme maupun pelaku terorisme harus ada pencegahan dan penangkalah yang jelas dari seluruh komponen. Kita semua harus bersatu-padu dalam menghilangkan citra daerah Bima yang kita cintai ini hingga tidak disebut lagi sebagai daerah zona merah radikalisme dan terorisme,” terang kakak kandung mantan ketua MK, Hamdan Zoelva ini.

Ia pun mengajak warga bima untuk menjaga perdamaian dan saling menghargai. Sebab, menurutnya, tidak ada manusia di dunia ini yang tidak ingin dihargai. “Serendah apapun seseorang, setinggi apapun jabatannya, semua orang ingin dihargai. Barang siapa yang bisa menghargai sesamanya, maka Allah SWT akan mengangkat derajat manusia tersebut,” ujar Alumni IAIN Alaudin Makasar itu.

Ia menambahkan, masyarakat dan umat diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan yang berbeda-beda. Baik itu jenis kelamin, suku bangsa, bahasa, ras dan agama. Katanya, perbedaan perbedaan itu fitrah yang harus dijalani setiap individu dalam kehidupan sehari–hari.

“Jangan ada saling iri antara satu dengan yang lain. Dan jadikan perbedaan yang ada sebagai kekuatan kita bersama. Karena sesungguhnya perbedaan itu nikmat yang dikaruniai oleh Allah SWT,” terangnya.

Poin yang terpenting, sambung Ahmad, adalah  sikap saling membantu dan tolong-menolong. Dengan sikap itu, menurutnya, yang lemah dan tidak berdaya akan menjadi kuat dan yang tidak punya akan bisa memiliki.

Ia pun mengaku bangga lahir dan dibesarkan di Bima. Dan sudah sepatutnya Bima mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal yang dimilikinya.

“Dan semoga saja, kita dapat menetralisir paham-paham radikalisme dan terorisme yang kerap mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Dan mudah-mudahan kehidupan di Bima kembali dalam suasana kedamaian, kenyamanan dan memegang teguh agama Allah yang Rahmatan Lil Alamin,” harap suami dari Prof. DR. Siti Musdah Mulia, MA itu. (KS-08)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Ahmad TR Menyampaikan Tabliq Akbar di Acara Deklarasi
Ahmad TR Menyampaikan Tabliq Akbar di Acara Deklarasi
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/ahmad-tr-menyampaikan-tabliq-akbar-di.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/ahmad-tr-menyampaikan-tabliq-akbar-di.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy