$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Pemkot Droping Bibit Kedelai Tidak Berkualitas?

Kota Bima, KS.- Salah seorang petani Asal Rabangodu Utara, Is (55) mengeluhkan kualitas bibit kedelai yang diberikan oleh Dinas Pertanian da...

Kota Bima, KS.- Salah seorang petani Asal Rabangodu Utara, Is (55) mengeluhkan kualitas bibit kedelai yang diberikan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kota Bima. Is mengaku, bibit kedelai yang ditanam petani, banyak yang mengalami gagal panen. Katanya, bibit bantuan tersebut tidak berkualitas dan tidak layak untuk tanam. ”Kami kecewa dengan bantuan bibit kedelai tersebut,” keluhnya, Minggu (14/8) lalu.

Menanggapi kondisi tersebut, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dispernak Kota Bima Ridwan mengakui hal itu. Namun, kata Ridwan, kondisi gagal panen hanya pada sebagian lahan saja, terutama di Kelurahan Rabadompu Barat.

“Setelah menerima laporan itu, kami turun ke lapangan dan melakukan pengecekan. Kedelai yang tidak tumbuh dengan baik hanya disebagian tempat saja. Sementara di lahan yang lainnya pertumbuhan hasil bibit kedelai yang sama bagus sekali,” akunya, Senin (15/8).

Dijelaskannya, bibit kedelai ini dibagi pada petani di lima kelurahan yaitu di Kelurahan Jatibaru, Rabadompu Barat, Rabadompu Timur, Kelurahan Mande dan Kelurahan Sambinae. Dari hasil pantauannya, Ridwan mengaku, hanya Kelurahan Rabadompu Barat yang pertumbuhannya tidak baik. Itu pun tidak pada semua lahan petani yang mendapatkan bantuan bibit kedelai. Sementara di Kelurahan lainnya, bibit kedelai yang ditanam petani cukup bagus perkembangannya, karena memang bibit yang diberikan sudah sesuai dengan spec dan berkualitas.

“Hanya di Rabadompu Barat saja. Dan tidak semua lahan yang rusak, beberapa beberapa lahan saja. Kalau di Kelurahan lain, bibitnya bisa tumbuh dengan bagus kok,” ucapnya.

Ridwan mengungkapkan, kerusakan atau tidak maksimalnya pertumbuhan bibit kedelai seperti yang terjadi di Rabadompu Barat karena faktor atau kondisi alamnya. Menurut dia, rutinnya turun hujan pada bulan Juni dan Juli lalu menyebabkan kondisi lahan terendam air dan mempengaruhi kondisi bibit hingga tidak mengalami pertumbuhan yang baik.

“Hujan yang turun terus menerus, akan mempengaruhi bibit yang baru ditanam. Bibit pasti rusak dan tidak akan tumbuh dengan baik kalau terus terendam oleh air,” Ridwan beralasan.

Dirinya pun membantah jika bibit kedelai dikatakan tidak berkualitas. “Di sebagaian besar lahan yang ditanami bibit ini pertumbuhan kedelai sangat baik. Intinya, keadaan ini bukan masalah bibitnya, tapi memang karena pengaruh alam dan kondisi lahan pertaniannya. Kalau bibit tidak berkualitas, tentu kedelai di semua lahan yang kami berikan bibitnya kepada para petani, tidak akan tumbuh dengan baik,” tutup Ridan. (Ks-08)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pemkot Droping Bibit Kedelai Tidak Berkualitas?
Pemkot Droping Bibit Kedelai Tidak Berkualitas?
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/pemkot-droping-bibit-kedelai-tidak.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/pemkot-droping-bibit-kedelai-tidak.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy